Tanya Dokter

  • Bengkak dan nyeri pada tangan

  • dok mau tanya, saya kemarin mengalami patah tulang sudah berapa berapa hari ini lengan saya bengkak, tapi sekarang bengkaknya menurun tapi tangan saya di sandarkan di bantal malah sakit,itu kenapa ya dok?

    Hai Bengkak merupakan proses peradangan bila adanya cedera dimana terjadi pengumpulan darah pada daerah cedera, serta akibat pecahnya pembuluh darah jaringan sekitar sehingga menyebabkan bengkak, kemerahan yang disebut dengan hematom atau memar. Bila cedera disertai dengan patah tulang, maka memar akan terlihat lebih besar dan biasanya lebih lama dibandingkan dengan memar akibat cedera otot, ligamen, dsb. Setelah sekitar 7 hari maka memar tersebut akan kempes secara perlahan, namun karena terdapat patah tulang, maka kemungkinan nyeri akan dapat berlangsung lama, bisa diakibatkan oleh:

    • Proses peradangan yang masih berlangsung
    • Terjadi kerusakan jaringan otot, ligamen, persarafan yang masih dalam proses penyembuhan setelah cedera
    • Patahan tulang yang mengiritasi saraf.
    Untuk memastikan apakah terjadi patah tulang diperlukan pemeriksaan foto ronsen pada daerah yang dicurigai patah tersebut. Dan bila memang patah sebaiknya dilakukan penanganan oleh dokter spesialis orthopedi untuk dipertimbangkan apakah diperlukan tindakan operasi atau tidak. Anda tidak perlu khawatir dan takut karena tidak semua kasus patah tulang memerlukan tindakan operasi. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Patah pergelangan tangan. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william