Tanya Dokter

  • Penanganan untuk bengkak pada kulit bibi bawah

  •  Ranipus
    Anggota
    hallo dok, saya mau bertanya. Kulit bawah bibir saya minggu lalu bendol terkena gigitan serangga. Karena gatal saya garuk lalu kulit yg gatal itu seperti berair. Sekarang lukanya kering tapi malah membengkak sampai bibir saya jg ikut bengkak. Penanganan apa yg harus saya lakukan dok ? Terimakasih..

    Hai Ranipus,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Peradangan (inflamasi) akibat gigitan serangga memang bisa membuat bibir menjadi bengkak. Pembengkakan ini terjadi karena rembesan cairan interstisial yang dipicu oleh toksin dari serangga. Selain bengkak, penderita pun umumnya akan merasa gatal, nyeri, atau juga kemerahan. 

    Gatal yang digaruk secara berlebihan bisa menyebabkan kulit bibir mengalami luka dan iritasi. Hal inilah yang membuat bibir Anda menjadi berair. Selain itu, luka di bibir bisa juga menjadi jalan bagi masuknya mikroorganisme patogen (penyebab penyakit) yang bisa menyebabkan bengkak lebih lama sembuh. Tidak jarang, kondisi ini disertai dengan penumpukan nanah di bawah lapisan kulit.

    Kami sarankan, mengingat keluhan sudah terjadi lebih dari 3 hari, sebaiknya Anda memeriksakannya langsung ke dokter ya.. Umumnya, dengan inspeksi langsung, dokter dapat menentukan penanganan yang terbaik, misalnya dengan pemberian antibotik, anti radang, atau obat-obatan lainnya.

    Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda lakukan tips berikut:

    • Hindari memegang-megang terlalu sering, menggaruk, memencet, atau mengelupasi bibir yang bengkak, terlebih dengan tangan kotor
    • Jangan juga biasakan menggigit-gigit atau menghisap bibir
    • Jaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi teratur 3x sehari
    • Hindari penggunaan kosmetika berlebih di bibir yang bengkak
    • Kompres bibir yang bengkak dengan air es untuk meredakan peradangan

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah