Tanya Dokter

  • Penyebab bengkak dan benjolan pada payudara

  •  mama Yesi
    Anggota

    Allo dok,

    Dok, saya mau tanya..tiba-tiba payudara sebelah kanan saya terasa bengkak dan mrengkel ( Istilah Jawa ) terasa besar benjolanya kalo di raba. Rasanya nyeri dan dan sampai meriang. hal ini sudah 3 hari ini saya rasakan... bagaimana cara mengatasinya dok.

    sebagai catatan untuk payudara sebelah kanan sdh lama tidak di susu. Jadi anak yg terakir saya cuma di susu sebelah kiri  saja dan sekarang anak saya juga sudah berhenti nyusu.

    Kira kira obat apa dok yang bisa mengempeskan peradangannya...dan baimana cara mengatasinya...Tks

     

     

    Halo,

    Terima kasih sudah bertanya di alodokter.com. Keluhan yang Anda alami termasuk pada infeksi pada payudara atau yang dikenal dengan mastitis. Kondisi ini menyebabkan payudara menjadi bengkak, memerah, dan nyeri. Mastitis kebanyakan terjadi pada ibu yang menyusui namun, kondisi ini juga dapat terjadi pada wanita yang sedang tidak menyusui. Pada wanita yang tidak menyusui, kondisi ini dimulai dari adanya keretakan kulit atau luka pada puting sehingga bakteri mudah masuk ke saluran susu dan menyebabkan infeksi. Beberapa kondisi berikut menyebabkan seseorang lebih mudah mengalami mastitis

    • memiliki nutrisi yang buruk
    • pernah mengalami mastitis sebelumnya
    • kelelahan
    • menggunakan bra yang tidak sesuai, terlalu ketat
    • adanya kerusakan pada saluran ASI atau kelenjar payudara

    Silakan Anda bedkonsultasi dulu dengan dokter sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan pada payudara untuk mengetahui apakah infeksi menyebabkan terjadinya abses payudara. Infeksi yang lama dapat menyebabkan terjadinya abses payudara dan kondisi ini perlu ditangani dengan operasi kecil untuk mengeluarkan nanah. Namun, jika hanya ditemukan infeksi, dokter akan memberikan pengobatan berupa antibiotik. Untuk sementara, jika nyeri semakin memburuk, Anda dapat mencoba minum parasetamol atau ibuprofen.

    Semoga informasi ini berguna bagi Anda.

    Dr. Aloisia