Tanya Dokter

  • Bengkak dan memar di wajah

  •  Megan Jules
    Anggota

    halo dokter. Saya megan 23 tahun. Jafldi gini dokter. satu minggu yg lalu ada kejadian yg membuat wajah saya jadi luka. nah luka ini mengakibatkan bengkak dan memar keunguuan. Sudah seminggu berlalu dan ada beberapa titik bengkak yang blm mengecil. ada yang sudah lumayan mengecil tapi masih bengkak juga. ada 4 titik bengkak dok. dua di daerah pipi dan dua lagi pas di bawah pipi sejajar dgn dagu. tiga titik bngkak terasa keras dan satu lagi yang dekat pipi kalo disentuh lembek banget dok. kemaren sempat di keluarin darahnya sama dokter di area pipi yang bengkaknya lembek. udah sempat nurun dikit bengkaknya tapi besoknya bengkak lagi.

    yang mau saya tanyakan, apa ada infeksi atau bagaimana dok? jujur aja saya takut. trus cara biar bengkaknya turun gimana dok? apalagi inikan di muka. jujur aja risih. terus, memar ungunya cara ngilanginnya gimana dok? apa memarnya bisa hilang?

    Terima kasih dok.

    Hai,   Memar akibat trauma terjadi karena pecahnya pembuluh darah dan akhirnya menyebabkan darah terkumpul di kulit dan menampakkan diri seperti bercak keunguan yang kelamaan menjadi kehijauan dan kekuningan dan kemudian menghilang dengan sempurna. Jika terjadi kondisi bengkak dan memar yang belum hilang > 1 minggu maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk melihat adakah indikasi medis yang menyebabkan keluhan Anda. Beberapa kemungkinan terjadinya memar yang sulit hilang bisa dikarenakan oleh :

    1. gangguan pembekuan darah = ITP, Hemofili, Leukemia, dll
    2. Efek obat pengencer darah
    3. Perdarahan masih aktif
    4. dll.
    Pemeriksaan secara langsung akan diperlukan untuk mengetahui penyebab keluhan memar Anda yang belum menghilang. Beberapa tes medis seperti tes darah mungkin akan diperlukan untuk mengetahui kondisi Anda. Dengan mengetahui penyebab lain maka penanganan memar Anda bisa lebih intensif dan spesifik. Untuk mengurangi bengkak dan memar Anda bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini yaitu :
    1. Mengompres dingin bagian yang bengkak dan memar dengan es batu.
    2. Memberikan obat oles khusus yang bisa mempercepat hilangnya memar seperti trombophob dll.
    3. Menghindari menekan/ memencet bagian memar.
    4. Meminum obat anti bengkak sesuai resep dokter.
    Semoga membantu.   dr. Yusi