Tanya Dokter

  • Bengkak di bagian belakang antara bokong dan tulang rusuk

  •  Halim Afridar
    Anggota
    Saya jatuh sudah lama sejak kelas 11 sma, dan sudah terjadi berapa tahun lalu. Bengkak dan tak kunjung sembuh, saya kira bakalan sembuh setelah bertahun tahun tapi ternyata tidak, itu bahaya tidak dok ? Terimakasih

    Dear Halim Afridar, terima kasih sudah bertanya

    Lokasi bengkak/benjolan yang dialami adalah di bagian punggung antara bokong dan rusuk. Pada area tersebut terdapat lapis demi lapis jaringan dari mulai kulit, lemak, otot, tulang maupun organ dalam. Jaringan yang mengalami paska trauma mungkin mengalami pertumbuhan masa/tumor yang disebut post-traumatic soft tissue tumor. Penyebab perubahan ini tidak diketahui, namun varian tumor tsb bisa berupa tumor desmoid, lipoma serta jenis soft tissue tumor lainnya. Rata-rata kondisi tumor ini jinak, dan tidak menimbulkan nyeri.

    Kemungkinan lain adalah adanya deformitas pada tulang belakang yg menyebabkan tampakan bengkak/menonjol. Pada masalah tulang belakang umumnya penderita mengeluhkan nyeri.

    Untuk memastikan, sebaiknya Anda memeriksakan diri langsung ke dokter. Selain anamnesis dan pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjanng seperti CT Scan mungkin diindikasikan. Penanganan tergantung pada diagnosis. Pada kasus tumor jinak berukuran kecil, biasanya operasi pengangakatan sederhana dapat dilakukan. Jaringan yang diambil kemudian akan diperiksa untuk memastikan apakah merupakan kondisi jinak atau keganasan.

    Sekian, semoga bermanfaat

    Dr. Siti Rahmayanti