Tanya Dokter

  • Bengkak di leher bagian kanan

  •  Widya
    Anggota
    Sore dokter, saya pipit. Mau tanya dok, saya sudah 2x mengalami gejala bengkak di leher bagian kanan, awalnya hanya bengkak biasa karena saya punya amandel yg sewaktu waktu bisa kambuh bengkaknya, tp yg saya alami bengkak dileher bagian kanan ini bengkaknya melebihi bengkak karena amandel kambuh dan bengkaknya sampai ke bagian leher kanan belakang seperti benjolan kecil yg makin lama agak membesar, dan tiap malam badan seperti meriang, gelisah, sakit kepala, pegal bagian pundak dan nafsu makan berkurang. Kira2 dari gejala yg saya alami, saya sakit apa y dok, dan bisakah saya obati demgan obat penghilang rasa sakit atau paracetamol. Terima kasih dok
    Widya  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo pipit,

     

    Bengkak pada bagian leher dapat disebabkan karena berbagai kemungkinan seperti adanya infeksi TB, limfadenitis, adanya gangguan pada kelenjar tiroid, atau disebabkan karena adanya keganasan seperti limfoma atau kanker tiroid.

     

    Rasa nyeri pada leher akibat pembengkakkan yang terjadi dapat diatasi dengan obat paracetamol namun sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu baik pemeriksaan fisik atau pemeriksaan penunjang seperti USG atau pemeriksaan darah apabila diperlukan untuk mengetahui penyebab dari pembengkakkan pada leher yang anda alami sehingga dapat dilakukan pengobatan terhadap keluhan.

     

    Selain itu, anda juga diharapkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang serta beristirahat dengan cukup untuk mempercepat masa pemulihan. Anda juga diharapkan untuk menghindari paparan asap rokok serta minuman beralkohol.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi