Tanya Dokter

  • Pembengkakan pada kantong mata

  •  Mitha Amelia
    Anggota
    Assalamualaikum, saya mitha umur saya 17th saya mau tanyaa apa penyebab terjadinya bengkak dikantong mata saya sebelah kanan karena soflent? Dan apa abatnya? Apakah saya tidak boleh memakai soflent lagi?

    Salam,

    Pembengkakan pada kantong mata sesisi kemungkinan dapat disebabkan oleh kelelahan mata dan juga disebabkan oleh faktor gravitasi. Pada saat mata Anda merasakan kelelahan, maka dapat mengalami iritasi ringan pada mata, hal in dapat memicu pembengkakan pada sekitar mata atau pada kantung mata, terutama bila disertai dengan posisi tidur miring ke kanan, akaibat gaya gravitasi, kantong mata yang longgar dapat bengkak. Namun, kondisi ini perlu dipastikan oleh pemeriksaan dokter secara langsung, baik dokter keluarga Anda atau dokter mata. 

    Beberapa kondisi di bawah ini, dapat juga menyebabkan keluhan yang sama, seperti:

    1. gigitan serangga

    2. alergi

    3. radang pada mata atau kelopak mata, seperti iritasi akibat lensa kontak

    4. penyakit tiroid

    5. penumpukan lemak

    6. kurang tidur

    7. pemakaian perawatan kulit wajah yang dioleskan pada daerah sekitar mata

    Sehingga, bila  keluhan ini disebabkan oleh lensa kontak, dan sebelumnya Anda sudah terbiasa dengan lensa kontak, kemungkinan ada langkah pemakaian yang tidak sesui sehingga menyebabkan iritasi pada mata Anda, namun, bila langkah-langkah umum seperti biasa Anda lakukan, kemungkinan keluhan Anda dapat diseabkan oleh kondisi lain diatas. 

    Dengan berkonsultasi langsung ke dokter mata, maka penyebab keluhan ini dapat dipastikan dengan pemeriksaan langsung. Dokter mata akan memastikan penyebabnya, dan langkah penanganannya setelah dilakukan pemeriksaan.

    Oleh karena itu, saya tidak dapat memberikan pengobatan tanpa melakukan pemeriksaan langsung, untuk menghindari resiko efek samping yang tidak diharapkan.

    Yang dapat Anda lakukan saat:

    1. selama mata Anda bengkak, hindari penggunaan kontak lensa untuk sementara

    2. hindari tdur larut malam

    3, istirahatkanlah mata Anda, dari penggunaan HP dan elektronik yang berlebihan

    4. kompres mata Anda dengan air hangat, untuk membantu mengurangi peradangan

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga kantong mata.

    dr. Ulfi