Tanya Dokter

  • Bengkak pada pipi bagian kanan bawah

  •  Ambar Raf
    Anggota
    Siang dok , saya mau tanya pipi saya bengkak dibagian sebelah kanan bawah karena ada gigi yang berlubang dibagian graham bawah dan sering terjadi pembengkakan pada gusi dibagian gigi yg berlubang tsb . Sya baru menyadari pipi bagian kanan saya bengkak setelah bbrpa minggu ini apakah pipi sya bisa kembali serpti semula lgi krna pembengkakannya sangat mengganggu penampilan ? Klau bisa caranya gimana dok? Terimakasih dok

    Hai,

    Pembengkakan pada pipi yang Anda maksud mungkin berkaitan dengan infeksi pada gigi yang berlubang. Normalnya, gigi memiliki suatu lapisan keras bernama email. Lapisan ini bisa terkikis oleh lingkungan asam yang ditimbulkan oleh bakteri. Bakteri tumbuh subur pada rongga mulut apabila kebersihannya kurang terjaga, mis. banyak sisa makanan.

    Pembengkakan pipi terkait infeksi gigi biasanya dapat mengecil kembali setelah infeksi penyebabnya telah teratasi. Di samping itu, pembengkakan pipi bisa juga berkaitan dengan tumor tulang rahang, pembengkakan kelenjar getah bening, pembengkakan kelenjar ludah atau tumor jaringan lunak. Masing-masing kondisi tersebut memerlukan penanganan yang berbeda-beda.

    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter Gigi. Mungkin diperlukan pemeriksaan darah dan foto Roentgen untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan.

    Sementara waktu, Anda sebaiknya menjaga kebersihan rongga mulut dengan menyikat gigi sekurangnya 2 kali sehari, menggunakan obat kumur jika dirasa perlu dan belajar menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi yang sulit dibersihkan hanya menggunakan sikat gigi saja.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma