Tanya Dokter

  • Penyebab muncul benjolan di bibir vagina dan terasa sakit

  •  Wiwi Pratiwi
    Anggota
    dok saya mau tanya.. dibibir miss V Saya ada benjolan/bengkak tepatnya dibibir miss V kiri bagian bawah...kalo diteken itu agak sakit..tampak luar itu seperti bengkak,tp pas dipegang itu kyk ada benjol gitu didalemnya..jd keliatan ukurannya berbeda antara kiri dan kanan..nah itu kenapa ya dok ???cara sembuhinnya gmn??

    Halo Wiwi......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami saat ini dengan keluhan utama berupa timbulnya benjolan pada organ intim paling sering disebabkan oleh karena kista bartholin, yaitu suatu kantong yang berisi cairan dimana terjadi oleh karena Sumbatan pada saluran kelenjar Bartholin.

    Sekedar informasi untuk Anda, kelenjar bartholin merupakan suatu organ yang menghasilkan lendir untuk melubrikasi / melumasi vagina, ketika wanita terangsang secara seksual. Pada kondisi tertentu, dapat terjadi Sumbatan saluran yang mengeluarkan lendir tersebut, sehingga kelenjar membengkak karena terisi cairan lendir.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : abses === kumpulan nanah di dalam kulit, jerawat, folikulitis === terdapatnya Peradangan pada kantong akar rambut, furunkel === kulit yang terinfeksi bakteri, dan lain sebagainya.

    Untuk mengobati kondisi yang Anda alami, maka haruslah diketahui terlebih dahulu penyebab pastinya. Sedangkan untuk mengetahui penyebab pastinya, maka haruslah dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Oleh karena itu apabila sampai saat ini benjolan masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    KISTA BARTHOLIN

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati