Tanya Dokter

  • Benjolan pada bibir vagina dan semakin membesar

  •  aniwb_
    Anggota
    Saat sy menstruasi saya memakai softex yg masih tersisa bulan lalu, sy memakainya kurang nyaman, lalu sy buka, besoknya vagina di daerah kanan sisi bibir vagina sy terdapat benjolan yg kecil sekali, sekecil butisan pasir tetapi saya merasakannya, krna tidak sakit sy diamkan, lalu beberapa hari sy rasa benjolannya semakin membesar dan sy pun memeriksakan nya ke dokter, krna saya masih menstruasi jdi dokter tidak memeriksa vagina sy, hanya bertanya saja, dokter juga memberikan 2 obat yaitu benostan dan floxigra, dan 1 salep yaitu garabiotic, yg di oleskan setelah 1 jam meminum obat, tetapi sebelum memakai salep sy selalu mengompress vagina dengan air hangat secara perlahan, tetapi benjolan itu tetap membesar, yg dulu nya warna natural selaras dengan warna kulit vagina sya, kini berubah menjadi di sisinya berwarna merah lalu di tengan berwarna putih dan terdapat bintik coklat di tengah² warna putih tersebut, apa kah penyakit sy itu berbahaya? Bagaimana menyembuhkannya? Apa nama penyakit ini. Sekian dri saya terimakasih.

    Halo aniwb_ ........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa benjolan yang terjadi pada organ intim dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Dapat saja hal ini dikarenakan kulit Anda yang teriritasi atau alergi terhadap bahan - bahan yang terkandung pada pembalut yang Anda gunakan sebelumnya.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh : folikulitis === peradangan pada kantong akar rambut, abses === kumpulan nanah didalam kulit, gigitan serangga atau binatang yang mengalami infeksi, jerawat, kutil kelamin, herpes genital, dan lain sebagainya.

    Pada dasarnya untuk mengetahui penyebab pasti gangguan kesehatan kulit, maka haruslah dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung. Oleh karena itu, kami menyarankan kepada Anda apabila hal ini masih saja terjadi dan semakin memburuk, segeralah menemui dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin, agar Anda dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, jaga selalu kebersihan organ intim, pakai celana dalam yang Longgar dan terbuat dari bahan Katun, hindari memakai pembalut wanita yang Anda rasa sudah tidak layak pakai, hindari mengaplikasikan bahan bahan tertentu ke organ intim seperti parfum / lotion/ Deodoran/ bedak.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati