Tanya Dokter

  • Benjolan di ketiak apakah berbahaya?

  •  Nisfahhh
    Anggota
    Dok,saya sudah lebih dari 4 bulan memiliki benjolan di ketiak kanan dan rasnaya ketika di tekan sakit,di rasa benjolannya cukup besar ,apa itu bahaya? Lalu di belakang leher pun ada bejolan tapi tidak sakit dan itu sudah 2 bulan

    Halo, Nisfahh. Area ketiak merupakan area yang sensitif. Benjolan dapat terjadi pada area yang memiliki banyak kelenjar keringat tersebut. Ketiak yang terasa bengkak, merah serta perih bisa menandakan terjadinya proses infeksi pada ketiak. Tapi beberapa hal dibawah ini bisa menimbulkan benjolan pada ketiak :

    • Infeksi. Infeksi bisa disebabkan oleh bakteri. Ketiak rentan terkena infeksi karena merupakan daerah yang banyak kuman. Selain itu tindakan mencabut, mencukur atau menggunting rambut ketiak dapat membuat infeksi karena alat yang digunakan tidak bersih.
    • Limfadenitis atau Pembesaran kelenjar getah bening. Pembesaran kelenjar getah bening pada ketiak bisa disebabkan oleh adanya infeksi pada tubuh seperti demam dan yang lainnya. Pembesaran ini akan hilang dengan pemberian obat. Biasanya juga terdapat bengkak ditempat kelenjar getah bening lainnya seperti belakang telinga. 
    • Tumor. Tumor yang paling sering didaerah ketiak adalah FAM atau fibro adenoma mammae.
    • Alergi. Alergi ini bisa terjadi karena alergi terhadap bahan produk tertentu
    • Iritasi kulit. Iritasi pada kulit paling sering disebabkan olek kebiasaan mencabut, mencukur, dan menggunting rambut ketiak. Ketika melakukan hal tersebut, alat yang tidak sehat bisa menimbulkan iritasi, selain itu produk kosmetik tertentu juga bisa menyebabkan iritasi serta infeksi pada kulit.
    • Aksesoris kelenjar payudara. Terutama pada wanita, kelenjar payudara masih terdapat disekitar area ketiak, terkadang kelenjar ini mebesar tanpa diiringi oleh gejala sakit atau bengkak.

    Benjolan pada ketiak harus dikhawatirkan apabila benjolan tersebut disertai dengan gejala nyeri, bengkak, panas, merah, dan mengganggu aktivitas. Atau benjolan yang semakin lama semakin besar dan adanya benjolan ditempat lainnya seperti area payudara.  Bila hal ini terjadi sebaiknya Anda periksa diri ke dokter untuk memastikan benjolan yang terjadi. Dokter nantinya juga akan memeriksan bagaimana konsistensi dari bengkak yang terjadi meliputi ukurannya, apakah lunak atau keras, bagaimana pinggiran benjolan, dan apakah mobile atau bisa digerakkan.

    Semoga bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S