Tanya Dokter

  • Benjolan banyak di payudara, apakah bahaya?

  • Selamat siang, Dok

    Saya Fitrie usia 23th.

    Dok, di kedua payudara saya ada beberapa benjolan yang keras dan bisa bergerak, rata2 tempatnya di tengah payudara (payudara yang berhadapan dengan payudara sisi lain). Tidak sakit & tidak berubah bentuk, sudah lama juga. Apa berbahaya?

    Halo Fitrie,

    Memiliki benjolan pada payudara tidak jarang membuat wanita khawatir. Kebanyakan benjolan payudara bersifat jinak dan tidak berbahaya. Tentu saja Anda harus tetap mewaspadai gejala-gejala yang mengarah pada benjolan yang bersifat ganas. Benjolan pada payudara dapat disebabkan oleh macam-macam kondisi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah:

    • fibroadenoma, yaitu benjolan padat dengan permukaan rata yang tumbuh diluar kelenjar susu. Hal ini sering terjadi pada wanita muda. Tidak diketahui dengan jelas penyebabnya namun diperkirakan disebabkan oleh pengaruh hormon estrogen. Fibroadenoma dapat hilang dengan sendirinya namun ada juga yang menetap dan bertambah besar.
    • kista payudara, yaitu munculnya kantung berisi cairan pada jaringan payudara yang umumnya terjadi pada wanita umur 30-60 tahun. Ukuran kista ini dapat bervariasi. Penyebabnya juga diperkirakan karena pengaruh hormon reproduksi.
    • abses pada payudara, yaitu kantung yang berisi nanah akibat proses infeksi
    • mastitis, yaitu peradangan pada payudara, banyak terjadi pada wanita menyusui
    • lipoma, yaitu pertumbuhan jaringan lemak yang tidak normal
    • intraductal papilloma, yaitu munculnya pertumbuhan jinak pada saluran susu
    • kanker payudara

    Untuk memastikan penyebab pasti dari benjolan ini, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan terhadap benjolan yang Anda maksud. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti mamografi, ultrasonografi, atau biopsi (mengambil sampel jaringan dari benjolan tersebut). Apabila tidak terjadi perubahan ukuran pada benjolan tersebut dan Anda tidak mengalami gejala lainnya, kemungkinan besar benjolan tersebut termasuk jinak. Walaupun demikian, Anda tetap disarankan untuk memeriksakan benjolan tersebut.

    Silakan Anda baca juga artikel berikut ini:

    Benjolan pada payudara belum tentu kanker

    Mengenal tumor payudara jinak

    Semoga informasi ini berguna.

    dr. Aloisia