Tanya Dokter

  • benjolan bekas bisul di bawah rahang sebelah kiri

  • malam dok..pada tahun 2007 saya kena penyakit bisul dibawah rahang sebelah kiri. singkat cerita ya dok.. setelah bisulnya sembuh, kenapa benjolan bekas bisul itu tidak kempes/mengecil, apakah itu berbahaya/tidak ya dok.. bagaimana cara menghilangkannya, karna ini sangat mengganggu penampilan saya dok. mohon pencerahannya dok. terima kasih dok..

    Sir-Ardi Syaiful  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hai Tanpa pemeriksaan langsung, penyebab kebengkakan tidak bisa diketahui. Anda bisa ke dokter untuk memastikan penyebabnya. Ada kemungkinan benjolan itu adalah keloid yaitu jaringan bekas luka dari bisul yang Anda alami. Benjolan keloid biasanya lebih besar daripada luka yang menyebabkannya. Keloid bisa terasa gatal tapi umumnya tidak menyebabkan bahaya pada kesehatan. Keloid tumbuh karena tubuh terus menerus mencoba untuk memperbaiki diri. Penanganan keloid agak rumit karena mengangkatnya hanya akan memicu jaringan bekas luka untuk tumbuh lagi dan bisa lebih besar dari sebelumnya. Keloid bisa ditangani dengan cara dilaser, disuntik dengan steroid, dibekukan untuk membunuh sel kulit, dikecilkan dengan radisi, atau diangkat dengan operasi. Jika penanganan berhasil, maka keloid akan mengecil atau menjadi serata kulit sekitar. Periksakan benjolan yang Anda alami jika menganggu Anda agar penyebab yang sesungguhnya bisa diketahui dan pengobatan yang sesuai dimulai.   Dr Liyadi

    tidak terlihat seperti keloid pada umumnya dok.. bentuk kulit pada benjolan masih terlihat sama persis dengan yg lain,tidak berbeda seperti keloid bekas luka bakar atau luka sayat pada umumnya dok, hanya saja seperti ada gumpalan darah dibawah kulit,sehingga terlihat ada benjolan.

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.