Tanya Dokter

  • benjolan di bawah leher anak saya yang semakin membesar

  • Dokter, Anak ketiga saya, perempuan, usia 14 bln, di bawah lehernya terdapat benjolan sebesar biji salak, kl dipegang jalan2 benjolannya... Apakah itu kelenjar getah bening? Berbahayakah? Apa perlu pemeriksaan lebih teliti ƪǻƍɪ̣̇ ke dokter? Ke dokter spesialis apa yg hrs saya datangi?

    Sherly Sugiarti  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam, Benjolan di leher dapat disebabkan oleh beberapa hal, tergantung pada lokasi tepatnya benjolan (leher bagian mana), berapa lama benjolan muncul, karakteristik perabaan benjolan, penyakit atau infeksi yang mendahului, serta adanya gejala lain yang menyertai. Penyebab dapat berupa akibat infeksi biasa (kasus tersering) atau akibat penyebab lainnya, dapat bahaya atau tidak bahaya. Maka sebaiknya segera periksakan ke dokter, dapat ke dokter spesialis anak atau dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorok (THT), agar bisa diperiksa secara langsung. Beberapa penyebab benjolan leher pada anak adalah :

    • Limphadenopathy (pembesaran kelenjar getah bening), dapat disebabkan oleh infeksi (sering) atau kanker, namun sering kali dikaitkan dengan infeksi, baik itu infeksi virus atau bakteri.
      • pada infeksi, dapat terjadi di satu atau dua sisi leher, teraba lembek, dan mobile (bergerak), dapat bertahan selama beberap hari hingga beberapa minggu. Dikaitkan dnegan gejala-gejala infeksi pada mulut, atau gigi atau telinga atau tenggorokan pada saat bersamaan maupun riwayat sebelumnya. Dapat juga disebakan oleh infeksi tuberkulosis pada anak dengan gejala penyerta gizi kurang, demam irngan, keringat malam hari, turun berat badan, tidak nafsu makan, dan adanya kontak dengan penderita TB.
      • Kanker, jarang terjadi pada anak, jenis yang tersering adalah limfoma, biasa terjadi generalisata atau menyeluruh di beberapa kelenjar getah bening lainnya, tidak hanya satu kelenjar, dan teraba keras dan padat.
    • pembesaran tiroid
    • pembesaran kelenjar liur
    • benjolan dari kulit atau jaringan lunak dibawahnya, seperti kista atau kanker jaringan lunak (sarcoma)
    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

    Sherly Sugiarti  yeni primastuti
    Anggota

    Dok, saya mau bertanya. Kalau seumpama benjolannya keras, dan benjolan ini sudah lama, apa yang harus saya lakukan? Setahun yang lalu saya sudah periksakan kedokter, dan sudah dites mengenai kelenjar tiroidnya. Semuanya normal. Tapi kenapa benjolannya masih ada hingga sekarang? Apakah saya perlu periksa lagi?