Tanya Dokter

  • benjolan di leher

  • dok saya mau nanya...bln 4 kmare q dh di operasi...ada 2 benjolan d leher saya...tapi cuma 1 di ambil dokterny...knapa ga 2 duanya di ambil...dan itupun malah tumbuh 1 lagi...dok.gmana cara mengobati benjolan yg di leher sya ini dok...biar kesut dan ga tumbuh laga...kmarn kwn q d FB kan dok...meninggal karna penyakit kelenjar getah bening...saya jd takut dok...tolong bantuannya ya dok....trimakasih

    Dear Rusmika, Benjolan di leher dapat dialami sebagian orang. Mulai dari benjolan yang keras hingga lunak, sakit atau tidak sakit bila dipegang, dan sebagainya. Benjolan tersebut bisa disebabkan oleh:

    Penyakit kelenjar getah bening sangat luas penyebabnya. Umumnya adalah infeksi virus atau bakteri yang menyebabkan kelenjar getah bening membengkak. Kelenjar getah bening akan kembali menyusut ke ukuran semula setelah infeksi utamanya teratasi. Selain itu penyakit autoimun dan keganasan atau kanker juga dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Karena benjolan ini pernah diangkat oleh dokter, sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter tersebut. Rekam medis sebelumnya akan menunjukkan diagnosis benjolan ini. Dokter akan menganalisis kembali riwayat keluhan dan pemeriksaan fisik yang diperlukan. Pemeriksaan penunjang seperti tes laboratorium dan USG mungkin akan dokter anjurkan. Diagnosis dan terapi yang tepat akan dokter berikan. Berikut anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • hindari memencet atau memecahkan benjolan
    • makan makanan bergizi seimbang untuk mempertahankan daya tahan tubuh tetap baik
    • istirahat yang cukup dan tidur berkualitas
    • kelolalah stres dengan bijak
    Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Rony Wijaya