Tanya Dokter

  • Berbahayakah benjolan pada payudara saya?

  •  Shinta N
    Anggota

    Malem dok,ini saya shinta umur saya 22 tahun, saya udh hampir 2 tahun ada benjolan d payudarah kiri saya, rasa nya sakit kalo di sentuh, kemaren saya baru pergi ke dokter umum dan kata dokter ini cuma kista payudarah, benjolan nya gak gede cuma kecil, menurit dokter benjolan d payudarah saya bberbahaya apa gimana?

    Makasi dok

    Halo,   Benjolan pada payudara Anda perlu diperiksa secara langsung untuk mengetahui apa jenis benjolan tersebut. Dengan pemeriksaan langsung oleh dokter maka sifat benjolan bisa dinilai, jika perlu maka akan dilakukan tes medis seperti USG, Mammografi dan CT SCAN untuk melihat apakah benjolan tersebut berbahaya atau tidak. Berdasarkan pemeriksaan fisik sebuah benjolan akan dinilai secara seksama untuk melihat apakah benjolan memiliki tanda keganasan atau tidak, biasanya yang akan dinilai adalah :

    1. Batas = Batas yang tegas dari sebuah benjolan menandakan kemungkinan benjolan bersifat jinak. Penilaian batas yang tegas ditentukan dari seorang dokter mampu meraba bentuk benjolan dan benjolan tersebut memiliki batas yang jelas dari sekitarnya.
    2. Besar = semakin besar sebuah benjolan maka semakin dikhawatirkan bersifat ganas terutama jika pembesaran terjadi dalam waktu yang cepat (mingguan).
    3. Perlekatan ke dasar = jika benjolan bisa digoyangkan / seperti melayang maka kemungkinan benjolan bersifat jinak. Jika benjolan menetap san sulit digerakkan dari dasar maka kemungkinan benjolan bersifat ganas.
    Kemungkinan benjolan di payudara Anda bia disebabkan oleh :
    • Pembesaran kelenjar karena hormonal
    • Kista payudara
    • Fibroadenoma payudara
    • Abses payudara
    • Tumor payudara
    • Kanker payudara
    • dll.
    Jika Anda masih merasa khawatir dengan hasil diagnosa dari dokter umum maka Anda bisa melakukan pemeriksaan lanjutan seperti USG dan Mammografi untuk memastikan bahwa benjolan itu bersifat jinak. Namun melihat benjolan tersebut sudah Anda keluhkan selama 2 tahun tanpa adanya keluhan lain maka kemungkinana besar benjolan itu bersifat jinak. Penanganana sebuah benjolan adalah dengan melakukan pengangkatan melalui operasi. Dengan mengangkat benjolan tersebut maka diagnosa pasti bisa diketahui dengan memeriksakan benjolan tersebut ke laboratorium. Hindari melakukan pijatan pada benjolan tersebut yang bisa membuat benjolan bertambah besar dan meradang, jika sangat mengganggu segera pertimbangkan untuk melakukan pengangkatan pada benjolan Anda. Baca artikel Tumor   Semoga membantu.   dr. Yusi

    Shinta N  Shinta N
    Anggota

    Dok saya mau bertanya lagi, kalo misalkan ini cuma benjolan seperti kista payudarah, apa itu harus d angkat melalui oprasi apa di diamkan saja? Makasi dok

    Halo,   Kista payudara akan ditangani tergantung dari jenis kista, isi kista (cairan/ padat), adakah tanda ke arah keganasan , ukuran dll. Pada kista berukuran kecil dengan isi cairan maka kista bisa diobservasi selama beberapa waktu dengan melakukan kontrol pemeriksaan dan USG untuk melihat kondisi kista tersebut. Jika kista cenderung membesar dan menimbulkan gejala seperti nyeri, tanda keganasan dll maka sebaiknya kista diangkat melalui operasi dan diperiksakan ke laboratorium untuk pemastian jenis kista payudara.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi