Tanya Dokter

  • benjolan di atas payudara kanan dan terasa keras

  • dok saya mau tanya tentang benjolan di atas payudara kana pada istri saya yang keras seperti tulang apakah itu berbahaya ..

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com

    Benjolan pada payudara dapat dikategorikan menjadi 2 kategori umum, yaitu ganas dan jinak, atau kanker dan non kanker. Tidak semua benjolan pada payudara adalah kanker atau keganasan. Benjolan yang jinak / non kanker dapat disebabkan oleh hal berikut :

    1. Kista : kantong berisi cairan di jaringan payudara
    2. Perubahan fibrokistik : terjadi akibat perubahan hormon saat menstruasi
    3. Fibroadenoma : akibat kelebihan pembentukan kelenjar susu
    4. Infeksi bakteri : terutama pada ibu-ibu yang sedang menyusui. Gejala berupa gejala radang seperti nyeri tekan, kemerahan, bengkak, panas.

    Sedangkan benjolan yang ganas atau tipe kanker biasanya memiliki gejala seperti :

    • Benjolan keras, berbeda dengan daerah sekitarnya, tidak sakit, tidak bergeser jika ditekan
    • Perubahan ukuran dan bentuk payudara
    • Puting susu mengeluarkan cairan seperti darah
    • Kulit sekitar payudara terlihat seperti jeruk

    Untuk menegakkan diagnosis pasti diperlukan pemantauan dan konsultasi berkala secara langsung dengan dokter bedah. Dokter akan menanyakan mengenai riwayat istri anda dan keluarga, kemudian melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui tipe dari benjolan tersebut, dan juga pemeriksaan penunjang berupa usg, mamografi, atau biopsi jika diperlukan. Penentuan diagnosis akan dilakukan oleh dokter dengan memperhatikan hasil dari pemeriksaan-pemeriksaan tsb. Saat ini di rumah, istri Anda dapat melakukan pemantauan berkala dengan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) : dilakukan 7 hari setelah menstruasi berakhir, dengan meraba daerah payudara searah jarum jam dengan posisi tangan terlipat ke atas. Segeralah menemui dokter jika terdapat keanehan yang tidak biasa pada payudara istri Anda.

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti