Tanya Dokter

  • Benjolan di atas vagina di dekat selangkangan

  •  Hani Putri
    Anggota
    Hai dokter.. Saya Hani umur 24thn.. Saya ingin bertanya.. Saya memiliki keluhan, terkadang saat akan menstruasi tiba muncul benjolan kecil. Benjolan tersebut berada di atas vagina dan didekat selangkangan sebelah kiri. 1tahun yang lalu saya pernah konsul ke bidan, dan beliau menyarankan untuk melakukan oprasi untuk mengangkat benjolan tersebut. kemudian saya konsultasi ke dokter dan dokter tidak menyarankan untuk melakukan oprasi dan menyarankan saya untuk meminum obat yg diresepkan oleh beliau.. Benjolan tersebut dulu dapat digerakan dan sakit jika disentuh, namun ketika halangan saya selesai benjolan tersebut hilang. Tidak setiap mens benjolan tersebut muncul. Saat ini jadwal haid saya akan datang dan benjolan itu muncul kembali namun bedanya benjolan itu tidak bisa digerakkan seperti sebelumnya dan tetap terasa sakit. Yang saya ingin tanyakan dokter apakah benjolan itu berbahaya, apakah benar benjolan tersebut terasa saat akan haid saja dan apakah itu normal, serta tidakan apa yang harus saya lakukan? Mohon untuk dijawab dokter terimakasih

    Hai Hani,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perlu diperjelas sebelumnya, dimana lokasi persis benjolan tersebut? Apakah masih di dalam vagina? Atau lebih dekat ke selangkangan? Atau di perut bagian bawah? Atau dimana? Seberapa besar ukuran benjolannya? Seperti apa warnanya? Apakah terasa gatal, berair, bernanah, atau ada keluhan lainnya?

    Beberapa kemungkinan benjolan di atas vagina dekat selangkangan sebagaimana yang Anda alami adalah:

    • Infeksi kulit, misalnya karena bisul, folikulitis, abses, Herpes zoster, kutil
    • Limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening)
    • Hernia inguinalis (mencuatnya usus dari perlekatannya karena dinding perut yang melemah)
    • Kista Bartholin (kantung berisi cairan yang terbentuk karena tersumbatnya "pintu keluar" kelenjar Bartholin)
    • Tumor, misalnya lipoma, fibroma, sarkoma
    • Tumor intraabdomen (tumor di dalam rongga perut), dan sebagainya

    Sulit memprakirakan bahaya atau tidaknya benjolan yang Anda alami tanpa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Namun, jika benjolan sangat sering berulang dan terasa mengganggu Anda, kami sarankan Anda memeriksakannya kembali ke dokter ya.. Apabila diperlukan, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan, seperti rontgen, USG, atau biopsi jaringan guna menilai penyebab dan menentukan penanganan yang tepat. Jika benar memerlukan tindakan pembedahan, maka dokter mungkin akan merujuk Anda ke dokter spesialis bedah.

    Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda hindari memencet, mencungkil, atau mengoleskan obat apapun ke benjolan tanpa pengawasa dokter. Gunakan celana yang bersih, longgar, dan berbahan lembut untuk meminimalisasi iritasi. Selain itu, batasi mengangkat barang berat, mandi teratur, dan kompres benjolan dengan air hangat jika terasa nyeri.

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah