Tanya Dokter

  • Benjolan pada alat kelamin disertai rasa gatal

  • Hai doc . Saya nak tanya tentang benjolan yang muncul di bahagian kiri alat sulit saya tetapi ia di bahagian dalam. Selain itu , di bahagian tepi alat sulit saya juga terasa gatal-gatal sehingga menjadi parut dan saya menjadi sukar untuk memakai pakaian dalam . apakah penyakit tersebut ? Dan apakah jalan penyelesaian bagi masalah ini ?

    Halo Liyana, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Munculnya benjolan pada bagian kelamin dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa hal yang daapt dipikirkan yang menjadi penyebab kondisi Anda saat ini adalah sebagai berikut: 

    1. Adanya pembesaran kelenjar disekitar vagina. Kondisi ini dapat disebabkan adanya infeksi di sekitar bagian tersebut sehingga menyebabkan kelenjar menjadi aktif dan timbullah benjolan. 
    2. Condyloma atau kutil kelamin. Kondisi ini diakibatkan adanya infeksi virus yaitu HPV (Huam Papilloma Virus). Salah satu jenis infeksi genital ini dapat berulang hilang dan timbul dan perlu penanganan yang konsisten.
    3. Folikulitis. Adanya peradangan pada folike rambut kemaluan. Biasanya kondisi ini muncul setelah mencukur rambut kemaluan ataupun kondisi lainnya
    4. Adanya kista. Kista dapat muncul dimana saja termasuk di organ luar genital. Benjolan yang muncul dapat berupa benjolan yang berisi cairan dan dapat menyebabkan rasa nyeri
    5. Bisul. Adanya infeksi bakteri pada kulit sekitar kelamin dapat menyebabkan pengumulan bakteri dan sel-sel kulit mati dan terbentuklah bisul. 
    6. Adanya kondisi iritasi kulit. Bagian genital merupakan bagian yang tertutup dan sangat mudah terjadi iritasi terutama saat menstruasi. 

    Kondisi-kondisi di atas dapat menjadi penyebab kondisi Anda saat ini namun, juga tidak menutup kemungkinan adanya penyebab lain. Untuk itu disarankan untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan langsung ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda demi mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut. 

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

     

    Salam, dr. Tiwi