Tanya Dokter

  • benjolan yang sakit dibawah dagu

  •  No Matter
    Anggota

    Dok saya ingin bertanya, saya mempunyai benjolan dibawah dagu saya dok, sebesar biji kelengkeng, saya baru mengetahuinya setelah saya membaca artikel dan lalu meraba leher saya secara keseluruhan, dan saat ini gusi saya terasa membengkak sakit jika dibuat makan? Apakah ini kanker atau pembengkakan kelenjar getah bening karena infeksi? Karena saya takut apabila ini kanker. Benjolannya dapat digerakan seperti ketika saya menggerakan jakun, terima kasih dok sebelumnya.

    Hai,   Untuk mengetahui jenis benjolan Anda maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter terdekat. Sebuah benjolan harus diperiksakan secara seksama oleh dokter untuk mengetahui jenis dan karakteristik dari benjolan tersebut. Adapun benjolan dibawah dagu bisa disebabkan karena :

    1. Jerawat nodul
    2. Pembesaran KGB
    3. Abses
    4. Kista ateroma
    5. Kista serosa
    6. dll
    Pemeriksaan fisik secara langsung dan tes medis akan diperlukan untuk mengetahui penyebab keluhan Anda. Dengan mengetahui penyebab keluhan Anda  maka pengobatan bisa diberikan sesuai dengan kondisi Anda. Gusi yang terasa sakit dan bengkak mungkin disebabkan akibat peradangan pada gusi / daerah sekitar gusi yang membutuhkan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi. Dan gusi yang sakit dan bengkak ini bisa menyebabkan pembesaran KGB di bawah dagu jika gusi yang bengkak adalah gusi yang berada pada bagian gigi depan bawah. Jaga kebersihan gigi dengan menggosok gigi 2 kali sehari, berkumur dengan air garam / cairan antiseptik, berhenti merokok dan minum kopi, dan meminum obat pereda nyeri seperti paracetamol bisa mengurangi kondisi gusi Anda yang bengkak dan nyeri. Jika keluhan berlanjut Anda bisa menghubungi dokter terdekat untuk pemeriksaan langsung dan pemberian obat untuk mengurangi keluhan Anda. Baca topik Benjolan. Semoga membantu.   dr. Yusi