Tanya Dokter

  • Benjolan di belakang daun telinga sebelah kiri

  • Malam dok. Saya mau bertanya, sebelumnya ada jerawat di belakang daun telinga kiri saya. Terus saya pencet. Dan ga terlalu bersih akhirnya benjol kecil dan ga sakit. Karena saya risih. Akhirnya 3 hr yg lalu syg pencet. Ternyata ga keluar dan mengakibatkan bengkak seukuran kacang tanah. Sekarang ga sakit nyeri doang. Risih dan saya merasa tidak nyaman. Benjolannya sedikit lembek dan serasa ada isinya. Cr pengobatan atau tindak lanjutnya gimana dok?

    Halo,

    Penyebab benjolan di daun telinga bagian belakang, mungkin disebabkan oleh :

    1. Infeksi kulit seperti Bisul.
    2. Kista (Atheroma/Epidermoid).
    3. Pembesaran Kelenjar Getah Bening yang disebabkan TBC, atau infeksi virus.
    4. Tumor jinak dari sel lemak (Lipoma)
    5. Tumor jinak/ganas kelenjar getah bening (Limfoma).

     

    Jerawat/ benjolan bernanah memang tidak boleh asal dipencet, karena beresiko menyebabkan infeksi yang lebih berat. Bila Anda sangat terganggu, berkonsultasilah langsung dengan Dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan medis menyeluruh yang cermat untuk menilai karakteristik benjolan dan bila Dokter menduga ada penyebab yang serius, mungkin akan dianjurkan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah dan biopsi. Penanganan akan diberikan berdasarkan penyebab dan diagnosis benjolan.

    Lebih cepat diketahui apa penyebab keluhan Anda, lebih mudah dan dapat lebih baik ditangani oleh Dokter.

    Sementara lakukan beberapa tips berikut, sebelum menemui Dokter :

    • Hindari terlalu sering menyentuh dan memegang benjolan tersebut, karena dapat menyebabkan infeksi bila tidak sengaja tergaruk/terkena kuku jari Anda.
    • Bersihkan area wajah, daun telinga dan leher dengan sabun wajah, saat mandi dengan seksama, maksimal 2x sehari.
    • Menerapkan Pola Hidup Sehat  seperti beristirahat dengan cukup di malam hari minimal 7 jam sehari. Makan makanan yang sehat bergizi seimbangKonsumsi air minum yang cukup. Berolahraga secara teratur 5x dalam seminggu, 1 x sesi olahraga 30 sampai 60 menit. Dan mengelola stress dengan bijaksana.

     

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

     

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.