Tanya Dokter

  • Solusi atasi benjolan di belakang kiri kepala bayi

  • Selamat sore Dok, ini bayi saya mengalami benjolan dibelakang sebelah kiri. Setiap kali dipegang bayi menangis kesakitan. Benjolan ini disertai demam. Ini penyebabnya apa yah dok? Trus langkah utk mengantisipasinya gimana dok?

    Hai Fadly,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Ada banyak kemungkinan penyebab benjolan di kepala bayi. Untuk memastikannya, perlu diperjelas dulu seperti apa karakteristik benjolannya, yakni berapa besar ukurannya, seperti apa warnanya, sejak kapan munculnya, keras atau lunak, mudah atau sulit digerakkan, serta apakah ada keluhan lain (selain demam) yang menyertainya?

    Benjolan di kepala bagian belakang yang terasa nyeri dan disertai demam kemungkinan menandakan infeksi. Penyebab infeksinya bisa bervariasi, mulai dari virus, bakteri, jamur, atau tungau. Berikut beberapa kemungkinan yang kerap terjadi:

    Di samping infeksi, benjolan yang anak Anda alami mungkin juga disebabkan oleh kista sebasea, kista dermoid, nodula, kanker, dan sebagainya.

    Untuk menentukan penanganan yang tepat, sebaiknya Anda periksakan dulu anak Anda ke dokter ya.. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik atau dibantu juga dengan beberapa pemeriksaan penunjang, misalnya rontgen, CT scan, atau biopsi. Jika benar penyebabnya adalah infeksi, maka dokter 

    Sebagai langkah awal, hindari memencet, mencungkil, atau mengoleskan apapun ke benjolan tanpa saran dokter. Senantiasa jaga kebersihan anak Anda, yakni dengan memandikannya secara teratur, mencuci rambutnya, rutin mencukur rambutnya, dan hindarkan ia dari paparan zat yang berpotensi menyebabkan alergi atau iritasi, misalnya minyak rambut, dan sebagainya.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah