Tanya Dokter

  • Benjolan di belakang telinga

  • Nama saya ikbal saya umur 16th . saya ada benjolan di belakang telinga. dan saya sering menggigil . bkan cman di belakan telinga yg trdpat benjolan di selangkangan saya juga dok . apakah in berbahaya ???

    Halo, Dari pemaparan Anda, benjolan yang terdapat di belakang telinga dan selangkangan mungkin dapat disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening(limfadenitis). Kelenjar getah bening merupakan kelenjar kecil yang berperan dalam sistem pertahanan tubuh. Jika ada infeksi, penyakit autoimun atau keganasan, maka kelenjar getah bening dapat membengkak. Penyebab pembengkakan kelenjar getah bening adalah:

    Anda juga mengalami gejala menggigil, menggigil dapat menyertai keadaan demam walaupun tidak selalu. Anda dapat mengukur suhu tubuh sendiri dengan termometer pribadi. Suhu tubuh yang normal berada di kisaran 36,5-37,5 derajat celcius. Selain pembengkakan kelenjar getah bening, benjolan tersebut mungkin juga dapat disebabkan oleh abses(rongga berisi nanah akibat infeksi), lipoma, kista sebasea(rongga berisi cairan) Berbahaya atau tidaknya benjolan tersebut bergantung dari hasil pemeriksaan dokter secara langsung. Dokter akan menanyakan riwayat gejala Anda serta melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti tes darah, foto rontgen dada, dan biopsi jika perlu. Artikel berikut ini dapat membantu: Pembengkakan kelenjar getah bening Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar