Tanya Dokter

  • Benjolan di belakang telinga

  •  SuciIndah21
    Anggota
    Bayi saya usia 7 bulan dibelakang telinga kiri nya ada benjolan kecil. Tidak demam atau ciri lainnya. Hanya saja keringatnya lebih banyak jika saat tidur. Apakah benjolan itu berbahaya?

    Halo SuciIndah21......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang dialami oleh anak Anda saat ini dengan keluhan utama berupa timbulnya benjolan disekitar telinga, paling sering disebabkan oleh karena pembengkakan kelenjar getah bening.

    Kelenjar getah bening yang merupakan salah satu sistem daya tahan tubuh, dapat mengalami pembengkakan jika tubuh mengalami suatu infeksi atau penyakit tertentu.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat menimbulkan pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar telinga, diantaranya adalah : peradangan pada tenggorokan, infeksi telinga, Peradangan pada Amandel, infeksi pada saluran pernafasan, tuberkulosis atau TBC.

    Akan tetapi selain oleh karena pembengkakan kelenjar getah bening, kondisi yang dialami oleh anak Anda dapat juga disebabkan oleh : kista === kantong yang berisi cairan didalam kulit, abses === kumpulan nanah di dalam kulit, bisul, folikulitis === peradangan pada kantong akar rambut, dan lain sebagainya. 

    Berbahaya atau tidaknya benjolan yang dialami haruslah diketahui terlebih dahulu penyebab pastinya. Sedangkan untuk mengetahui penyebab pastinya, maka haruslah dilakukan serangkaian pemeriksaa lebih lanjut. Oleh karena itu kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit anak, jika Anda khawatir akan hal ini, ataupun benjolan masih saja muncul sampai dengan satu bulan ke depan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati