Tanya Dokter

  • benjolan di belakang telinga dan di selangkangan

  •  Aldhi Danu
    Anggota

    selamat malam dok, saya mau tanya kenapa di belakang telinga dan selangkangan saya ada benjolannya. mungkinkah benjolan tersebut mengindikasikan sebuah penyakit berbahaya. terimakasih.

    Hai, Benjolan di belakang telinga atau selangkangan kemungkinan adalah kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening membesar jika ada infeksi di daerah tersebut. Jika di belakang telinga maka kemungkinan berasal dari infeksi telinga, saluran napas, atau gigi. sedangkan daerah selangkangan bisa infeksi daerah genital, infeksi saluran kemih, atau infeksi daerah paha. Infeksi dapat berupa infeksi virus atau bakteri. Jika penyakit dasarnya diobati, maka benjolan inipun akan kembali normal., Penyebab lain benjolan di belakang telinga :

    1. Infeksi kulit seperti Abses
    2. Kista
    3. Tiroid
    4. Mastoiditis/infeksi tulang di belakang telinga
    5. Tumor
    Sedangkan daerah selangkangan :
    1. Infeksi kulit
    2. Hernia
    3. Lipoma
    4. Tumor
    Untuk mengetahui penyebab pasti, anda harus konsultasi ke dokter. Dengan konsultasi langsung dan mungkin melakukan beberapa pemeriksaan seperti CT Scan atau pemeriksaan jaringan, penyebab pasti dapat diketahui sehingga dapat diberikan pengobatan yang tepat. Salam, dr.Agnes Maureen