Tanya Dokter

  • Benjolan di belakang telinga, pipi, dan di bawah dagu

  •  Gerasimos Dwi
    Anggota

    Selamat Pagi dokk! Saya mau menanyakan apakah benjolan tersebut hanya sekedar KGB atau sejenis kanker...?benjolan terasa agak sakit dan sedikit lunak.! Saya juga meminta saran penyembuhan/obat-obatan yang harus dikonsumsi?

    Halo, Daerah leher merupakan area dimana banyak terdapat kelenjar dan saluran, seperti trakea dan kerongkongan. Benjolan pada leher dapat muncul pada kondisi berikut:

    Kemungkinan besar jika terdapat benjolan pada lokasi belakang telinga, pipi dan dibawah dagu, merupakan pembesaran kelenjar getah bening. Pembesaran kelenjar getah bening ini dapat disebabkan oleh infeksi disekitar daerah rongga mulut, dan biasanya turut menghilang setelah infeksi atau peradangan mereda. Walaupun demikian, diagnosis untuk semua jenis benjolan tidak dapat ditegakkan tanpa melalui pemeriksaan langsung oleh dokter. Karena itu perlu pemeriksaan fisik langsung oleh dokter, setelah itu barulah dokter dapat menentukan arah keluhan tersebut, apakah berbahaya atau tidak. Untuk meringankan keluhan, Anda dapat melakukan hal berikut:
    • Cukup beristirahat
    • Minum air putih dalam jumlah cukup
    • Mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol
    Berikut ini diskusi serupa keluhan Anda: Benjolan di leher yang nyeri jika disentuh Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat. dr. Agatha