Tanya Dokter

  • Penyebab perut berlipat seperti benjolan besar

  • Hallo dok sore saya mau bertanya saya 15 tahun Jadi gini ya dok ceritanya saya udah ngalamin kaya kembung 1 bulan lebih gitu lupaa,,pas haid perut saya kembali kempes tapi haid yang sekarang perut saya jadi bergelombang Nah maaf ya dok kalo saya sedang jongkok mau pup peut saya terlihat sangat berlipat padahal berat saya hanya 40 lebih,, ketika di tekan cukup seperti benjolan besar,,ketika saya berdiri sekitar dari pusar 4 jengkal rasa sakit langsung sendawa dok bawa tulang rusuk 1 jari / 2 jari kira kira apa ya dok? Mohon pencerahannya lalu makanan apa yang tidak boleh saya makan cara jg menghilangkan nya trimis... Jika lanjut ke dokter spesialis apa?

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, adanya lipatan perut paling umum disebabkan oleh penumpukan lemak dan kelenturan kulit kita. Sehingga lipatan yang terjadi seharusnya bukan menggambarkan suatu benjolan dari perut, namun hal tetap haris dipastikan dengan pemeriksaan langsung oleh dokter Anda.

    Adanya keluhan sensasi atau seperti benjolan dari perut sekitar satu jari dari rusuk, dapat disebabkan oleh adanya lambung yang terisi udara berlebih, sehingga menyebabkan kembung, begah, serta nafas tidak nyaman. Bila kita bersendawa, keluhan akan berkurang. Namun kembali lagi, perlu kiranya dipastikan, keluhan lambung ini dengan lipatan pada perut Anda.

    Beberapa  kondisi lain juga dapat menyebabkan keluhan yang sama, seperti pembesaran liver, pembesaran limpa, pembengkakan  daerah perut karena trauma, atau suatu gangguan kulit (seperti tumor jinak kulit).

    Konsulkan dengan dokter penyakit dalam untuk tahap awal, bila diperlukan, dokter akan melakukan rujukan pemeriksaan ke dokter kandungan atau spesialis lainnya sesuai hasil pemeriksaan yang ditemukan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan penyebabnya, pemeriksaan penunjang dapat direncanakan untuk mendukung diagnosa, seperti pemeriksaan darah, USG.

    Penatalaksanaan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu Anda lakukan adalah:

    1. hindari kelelahan fisik

    2. hindari tidur larut malam

    3. hindari makanan pedas, mie, basko, kopi, soda, nasi goreng

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga gastritis.

    dr. Ulfi