Tanya Dokter

  • Benjolan di daun telinga

  •  rifasyarat
    Anggota

    Jadi dok, muncul benjolan di dauntelinga saya, sekitar bagian atas lubang telinga. Saya mengganggap itu adalah jerawat karena dulu pernah kejadian seperti ini. lalu saya biarkan dan tidak sengaja saya pegang lalu berdarah kental beserta cairan kuning. Dok, apa benar ini jerawat dan tidak apa-apa jika pecah? atau saya harus ke dokter jikalau terjadi infeksi?

    Halo,

    Benjolan berisi darah dan nanah kemungkinan merupakan suatu bisul (furunkel). Furunkel dapat terjadi karena infeksi jamur maupun bakteri. Pada mulanya, terjadi infeksi di saluran rambut (folikel rambut) sehingga terjadi folikulitis. Folikulitis ini berbentuk seperti jerawat (benjolan kecil merah dengan bintik kuning di atasnya). Folikulitis dapat berlanjut menjadi furunkel ketika kulit di sekitar folikulitis ikut terinfeksi.

    Furunkel berbentuk benjolan kecil keras yang berisi sel mati dan bakteri yang pada akhirnya akan membentuk pus/nanah. Anda juga akan mengalami rasa nyeri hebat terutama menjelang benjolan tersebut pecah. Rasa nyeri akan mereda ketika benjolan sudah pecah sendiri.

    Sebagian besar furunkel akan sembuh sendiri (terutama yang sudah pecah sendiri). Furunkel yang keras dan tidak pecah perlu dikonsultasikan kepada dokter. Risiko besar adalah ketika furunkel dipecahkan sendiri karena akan meningkatkan risiko infeksi yang lebih berat dan terbentuknya jaringan parut.

    Pada keadaan furunkel sudah pecah, Anda dapat melakukan kompres dengan kasa steril diberi antiseptik secara teratur untuk membantu mengangkat kotoran/nanah dan darah yang sudah mengering. Hindari menyentuhkan tangan ke daerah tersebut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu dan kunjungi dokter jika Anda mengalami demam atau benjolan yang sudah pecah tersebut meluas.

    Semoga membantu,

    dr.Mira