Tanya Dokter

  • Benjolan dijidat apakah berbahaya?

  •  Michael. L
    Anggota

    Dok slamat siang

    aq pernah kejedot yang cukup kuat, sudah beberapa tahun yang lalu tiba-tiba ada benjolan di jidat Dok tidak terlalu besar itu berbahaya tidak Dok makasih

    Hallo Michael. L

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Saya mengasumsikan bahwa benjolan yang anda alami baru-baru ini terjadi. Sebenarnya informasi yang anda berikan masih kurang spesifik, anda seharusnya dapt menggambarkan bentuk penampakan benjolan terebut jika dilihat secara kasat mata dan bagaiman deskripsi benjolan tersebut bila anda raba. Benjolan di jidat atau dahi bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

    • lipoma
    • kista ateroma yaitu benjolan berupa kantung yang terbentuk akibat sumbatan kelenjar minyak
    • kista dermoid yaitu benjolan berbentuk kantung yang terbentuk dari sisa jaringan masa mudigah (embrional)
    • hemangioma yang merupakan tumor jinak pembuluh darah.

    Penyebab tersering dari benjolan di dahi adalah lipoma yang merupakan merupakan jenis tumor jinak pada kulit, dimana tumor ini tersusun atas jaringan lemak. Karakter dari lipoma ini cukup khas, dimana benjolan ditemukan pada kulit dan umumnya permukaan lipoma berwarna sama dengan kulit lainnya yang sehat, konsistensi benjolan ini lunak, biasanya benjolan mudah digerakkan, dan biasanya tidak terasa nyeri. Nyeri baru dapat timbul jika ukuran lipoma terlalu besar dan menyebabkan penekanan organ sekitar seperti saraf. Memang penyebab terjadinya lipoma ini belum diketahui secara pasti. Karena tumor ini bersifat jinak, sehingga biasanya tidak memerlukan tindakan penanganan yang segera. Indikasi pembedahan pada lipoma adalah jika ukuran lipoma yang cukup besar serta menimbulkan penekanan pada daerah sekitar lipoma, lipoma menimbulkan nyeri hebat,  gangguan estetika kulit. Selain pembedahan atau pengangkatan lipoma, ada tindakan lain yang bisa dilakukan seperti injeksi atau steroid dan liposuction atau penyedotan lemak, dimana kedua tindakan ini umumnya tidak benar-benar menghilangan lipoma ini. Lipoma dapat muncul berulang apabila ada sebagian jaringan lipoma yang tertinggal dan tidak terangkat saat pembedahan.

    Untuk lebih jelasnya sebaiknya anda memeriksakan langsung diri anda pada dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

    Semoga jawaban ini membantu.

    dr. Aldy Valentino