Tanya Dokter

  • Penyebab muncul benjolan di bibir vagina

  •  syaffa
    Anggota
    Dok... Saya ingin bertanya seputar benjolan di bibir vagina. Saya seorang perempuan berumur 21 tahun. Belum pernah melakukanan hubungan badan. Namun ahir-ahir ini terasa seperti ada benjolan-benjolan kecil pada bibir vagina saya. Bentuk nya kecil kecil sekali dan ada berkelompok warnanya seperti kulit. Tidak sakit namun kadang agak gatal. Setelah saya cari di google saya curiga itu adalah kutil kelamin kelamin. Apakah benar dok itu kutil kelamin? padahal saya tidak pernah melakukan hubungan badan. Saya sangat bingung dan takut. Apakah ini berbahaya dan bagaimana cara mengobatinya apakah ada cara alami untuk mengobatinya dok. Terima kasih

    Hai Syaffa,

    Kutil kelamin merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh human papilloma virus/HPV. Gejalanya adalah timbul benjolan atau kutil di area kelamin dan sekitarnya yang terasa gatal. Kutil dapat timbul satu-persatu ataupun tumbuh menggerombol membentuk struktur menyerupai kembang kol atau jengger ayam. Kutil kelamin ditularkan melalui kontak kulit dengan kulit saat melakukan aktivitas seksual, baik melalui penetrasi langsung, petting (misalnya menggesekkan kelamin), maupun penggunaan sex toys yang sudah terpapar virus sebelumnya. Bila Anda tidak pernah melakukan aktivitas seksual dalam bentuk apapun maka kemungkinan benjolan di bibir vagina yang Anda alami tidak terkait dengan kutil kelamin.

    Adapun benjolan di bibir vagina dapat pula diakibatkan oleh penyebab yang lain seperti:


    Untuk dapat memastikan penyebab kondisi yang Anda alami tentunya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya Anda menemui dokter spesialis kulit dan kelamin agar benjolan yang timbul dapat diperiksa secara langsung/tatap muka. Jika diperlukan tes penunjang seperti tes darah atau tes sampel kulit mungkin dapat dianjurkan oleh dokter jika diperlukan untuk menganalisis penyebabnya lebih jauh. Dengan demikian maka penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Berikut ini anjuran bagi Anda:

    • Menjaga kebersihan organ intim
    • Kenakan pakaian dalam berbahan katun dan tidak ketat
    • Mengganti pakaian dalam secara teratur 2 kali sehari
    • Hindari memencet atau memecahkan benjolan yang timbul
    • Hindari kebiasaan mencabut atau mencukur rambut kemaluan terlalu dalam


    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Penyebab benjolan di kemaluan wanita

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman