Tanya Dokter

  • Benjolan di kelopak mata kiri bawah

  • Pagi dok 3hari yang lalu sempat saya bertanya mengenai benjolan di kelopak mata kiri saya bagian bawah. Selama 3hari saya kompres dengan air hangat. Saat td pagi,benjolan tersebut pecah dan mengeluarkan nanah. Saya bersihkan dengan kapas lembut yang di basahi oleh air hangat. Tetapi saat sudah tidak ada darah, mengapa benjolan seperti lubang. Apa memang seperti itu ya dok jikalau bintitan sama halnya seperti luka dibagian lain? Terus apakah nanah dialamnya sudah sepenuhnya bersih? Soalnya saya setiap saya membersihkan kembali tidak ada yang menempel baik itu darah maupun nanah. Lalu setelah saya bersihkan saya mencuci muka dengan air hangat dan mencuci tangan saya. Apakah setelah proses diatas perlu dioleskan dengan salep dari dokter? Mau menambahkan lagi dok,saat sudah dibersihkan mengapa area bekas benjolan masih besar seperti bengep. Sebelum pecah nanah memang mata kiri bawah saya itu bengep seperti habis dipukul. Itu karena pengaruh kompres air hangat ya dok? Lalu mengapa setelah pecah masih seperti ini? Apakah akan mengecil seperti semula??
    Ainul Munawaroh  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Ainul,

    Benjolan pada kelopak mata dapat disebabkan oleh yang tersering adalah bintitan, bintitan sendiri merupakan kondisi timbulnya bintil yang mirip jerawat atau bisul yang timbul pada kelopak mata. Gejalanya berupa mata terasa mengganjal, mata bengkak dan kemerahan, kelopak mata bengkak dan nyeri. Selain karena bintitan, bengkak pada kelopak mata juga dapat disebabkan oleh peradangan pada tepi kelopak mata atau disebut dengan blepharitis.

    Benjolan seringkali berisi nanah yang sebaiknya tidak dipecahkan sendiri karena dapat menimbulkan iritasi dan infeksi lanjutan jika dipecahkan dengan tindakan yang kurang bersih, jika timubl lubang maka dapat merupakan akibat pecahnya benjolan. Penanganan bintitan sendiri sudah cukup baik dengan mengompres menggunakan air hangat dimana akan membantu kesembuhan, jaga kebersihan mata dengan tidak menggunakan make up terlebih dahulu dan hindari penggunaan lensa kontak. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang kelopak mata yang sakit.

    Jika sudah pecah, tetap harus dijaga kebersihannya, apabila tetap membengkak, berwarna kemerahan, nyeri, dan kembali timbul benjolan maka diperlukan pemeriksaan dokter dan pemberian antibiotik akan dianjurkan karena jika tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan komplikasi seperti kalazion atau tersumbatnya kelenjar pada kelopak mata atau infeksi pada jaringan disekitar mata.

    semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.