Tanya Dokter

  • Benjolan di kelopak mata kiri bagian bawah

  • Pagi dok 3hari yang lalu sempat saya bertanya mengenai benjolan di kelopak mata kiri saya bagian bawah. Selama 3hari saya kompres dengan air hangat. Saat td pagi,benjolan tersebut pecah dan mengeluarkan nanah. Saya bersihkan dengan kapas lembut yang di basahi oleh air hangat. Tetapi saat sudah tidak ada darah, mengapa benjolan seperti lubang. Apa memang seperti itu ya dok jikalau bintitan sama halnya seperti luka dibagian lain? Terus apakah nanah dialamnya sudah sepenuhnya bersih? Soalnya saya setiap saya membersihkan kembali tidak ada yang menempel baik itu darah maupun nanah. Lalu setelah saya bersihkan saya mencuci muka dengan air hangat dan mencuci tangan saya. Apakah setelah proses diatas perlu dioleskan dengan salep daru dokter??
    Ainul Munawaroh  Ainul Munawaroh
    Anggota
    Mau menambahkan lagi dok,saat sudah dibersihkan mengapa area bekas benjolan masih besar seperti bengep. Sebelum pecah nanah memang mata kiri bawah saya itu bengep seperti habis dipukul. Itu karena pengaruh kompres air hangat ya dok? Lalu mengapa setelah pecah masih seperti ini? Apakah akan mengecil seperti semula??

    Terima kasih Ainul Munawaroh atas pertanyaannya di forum Alodokter, benjolan pada mata dapat disebabkan oleh beberapa kondisi sebagai berikut:
    - hordeolum
    - kalazion
    - tumor kelopak mata

    Hordeolum atau yang dikenal sebagai bintitan, merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat adanya infeksi pada kelenjar minya pada mata. Dimana infeksi ini lebih sering terjadi pada orang-orang yang jarang membersihkan kelopak mata, mengalami penyakit mata lainnya, atau pernah mengalami hordeolum sebelumnya. Pada kondisi ini dapat timbul gejala berupa:
    - mata terdapat benjolan
    - kelopak mata dapat bewarna kemerahan (karena bengkak)
    - benjolan dapat pecah dan mengeluarkan nanah
    - kelopak terasa nyeri

    Pada kondisi hordeolum biasanya memang dapat sembuh dengan sendirinya, dan biasanya akan lebih baik bila dibantu dengan kompres hangat. Dan bila ada salep dari dokter sebelumnya tentu pada kondisi ini dapat diberikan kembali. Mengenai kondisi mata yang bengkak, pada kondisi ini biasanya mata kembali akan pulih keadaannya seiring dengan berjalannya waktu. Namun bila Saudari menemukan adanya kendala lain seperti timbul mata merah, gangguan penglihatan, atau kondisi lainnya sebaiknya hal ini dapat diperiksakan ke dokter terkait guna dilakukan evaluasi kembali.

    Berikut terdapat artikel seputar hordeolum

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra