Tanya Dokter

  • Penyebab benjolan di ketiak sebelah kanan

  •  Shafiraa
    Anggota

    Salam dok, ada pertanyaan lagi yg saya ajukan. Saya ada benjolan di ketiak sblh kanan dan saya baru sadar kalau benjolan itu tidak kunjung hilang. Karna dulu kalau saya sebelum dtg bulan, saya selalu muncul benjolan di ketiak, namun setelah selesai benjolan itu hilang. Untuk kasus ini, benjolan itu tidak hilang, tp jika disentuh maupun ditekan tidak sakit. Benjolan itu terasa sakit ketika mau datang bulan saja. Ibu saya bilang kalau itu "lanjer". Apa benar dok? Kira-kira kenapa ya dok? Terimakasih.

    Salam Shafiraa, Keluhan yang Anda alami yaitu timbulnya benjolan di ketiak dapat disebabkan oleh berbagai kemungkinan penyebab, mulai dari yang ringan hingga yang berat dan memerlukan penanganan khusus. Berikut ini beberapa faktor penyebabnya:

    Untuk dapat memastikan penyebab benjolan yang timbul akan diperlukan pemeriksaan secara langsung/tatap muka oleh dokter. Bila keluhan ini terus berlangsung maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter ahli bedah agar dapat ditelusuri penyebabnya. Melalui pemeriksaan fisik (dengan pengamatan langsung dan perabaan) dan tes penunjang jika diperlukan (seperti USG, tes darah, biopsi dan sebagainya) dokter akan menganalisis penyebabnya dan menentukan penanganan yang sesuai bagi Anda. Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi timbulnya keluhan:
    • Menjaga kebersihan kulit ketiak
    • Hindari kebiasaan mencabut atau mencukur rambut ketiak
    • Jika menggunakan deodoran pilihlah produk yang lembut dan tidak mengiritasi kulit
    • Hindari memencet atau mengurut benjolan yang timbul
    • Bila timbul rasa nyeri dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen
    Informasi berikut ini dapat berguna: Apakah benjolan di ketiak berbahaya? Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman