Tanya Dokter

  • Benjolan di ketiak dan terasa sakit

  • Selamat siang dok. Dok saya ingin bertanya, sudah hampir dua minggu ini di ketiak saya ada benjolan dan terasa sakit dok. benjolan tersebut timbul setalah saya sebulan lalu mengganti deodorant saya dok. kira-kira ini sangat berbahaya atau tidak dok ?

    Muhammad Wanda  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo M Wanda, Benjolan di ketiak bisa disebabkan oleh banyak faktor. Jika benjolan mulai timbul setelah Anda mengganti deodoran, ada kemungkinan benjolan disebabkan karena alergi dan iritasi terhadap bahan deodoran yang digunakan. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda menghentikan pemakaian deodoran dahulu. Lakukan kompres hangat pada benjolan yang nyeri. Hindari memencet benjolan. Dan jika terasa sangat nyeri, Anda bisa minum obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek misalnya paracetamol dan ibuprofen. Selain karena iritasi dan alergi terhadap deodoran, benjolan di ketiak juga bisa disebabkan karena hal lain seperti:

    Apabila benjolan di ketiak tidak membaik meskipun Anda sudah menghentikan pemakaian deodoran selama lebih dari 2 minggu, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter secara langsung agar bisa dilakukan pemeriksaan lanjutan dan diberikan penanganan yang lebih efektif. Untuk selanjutnya, gunakan deodoran merek lain yang hypoallergenic atau lebih baik tidak memakai deodoran. Berikut informasi yang dapat Anda baca untuk menambah wawasan: Benjolan di ketiak Terimakasih dan semoga membantu, dr. Devika Y