Tanya Dokter

  • Benjolan keras dan merah pada ketiak, terasa sakit

  •  Teti ulianti
    Anggota
    Selamat malam dok, saya berumur 22 tahun saya mau bertanya dok. Udah seminggu ini ada benjolan keras dan merah di ketiak kiri saya dok dan sakit sekali dok, sampe2 saya gak bisa angkat atau menggerakan tangan kiri saya ini dok. Dan baru-baru ini rasa pegal akibat jendolan ini sampai ke jari-jari saya dok dan payudara sayapun terkadang sakit Dok. Kira-kita kenapa ya dok? Apakah ini bisul atau kelenjar getah bening? Terimakasih dong sebelumnya Selamat malam.
    Teti ulianti  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Benjolan pada ketiak dapat disebabkan karena berbagai macam penyebab. Dari keadaan yang anda rasakan, terdapatnya benjolan pada ketiak yang kemerahan dan terasa nyeri mungkin dapat disebabkan karena suatu hidraadenitis supurativa. Hidraadenitis supurativa merupakan suatu kelainan pada kelenjar rambut atau kelenjar keringat pada daerah sekitar ketiak. Keadaan tersebut biasanya sering terjadi di daerah ketiak. Hidraadenitis supuratifa biasnaya menyebabkan benjolan pada ketiak, benjolan tersebut biasanya kemerahan, terasa nyeri. Benjolan tersebut lebih dari 1. Selain itu, hidraadenitis supurativa biasanya dapat kambuh kembali di kemudian hari. 

    Tetapi selain itu, keadaan benjolan pada ketiak yang kemerahan dan nyeri dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • Infeksi kelenjar getah bening
    • Infeksi TB kelenjar
    • Furunkel/ bisul pada payudara
    • Kanker kelenjar getah bening
    • Kanker payudara
    • dll

    Keganasan pada payudara juga dapat menyebabkan gejala seperti munculnya benjolan pada daerah sekitar ketiak. Benjolan yang disebabkan karena suatu keganasan biasanya berkembang cepat, terasa nyeri, keras, dan biasanya benjolan tersebut berbatas tidak tegas dari daerah sekitarnya.

    Oleh karena itu, untuk memastikan penyebab dari keadaan anda, maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis penyakit dalam atau ke dokter spesialis bedah sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda , dan kemudian nanti dapat memberikan pengobatan yang tepat. Mungkin nanti dokter akan melakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, USG, CT Scan atau biopsi jika memang diperlukan.

    disarankan agar anda tidak memencet atau mengurut daerah benjolan tersebut. Anda dapat melakukan kompres dengan air dingin pada daerah benjolan tersebut, kompres 3-4 kali sehari selama 15 sampai 30 menit. Jangan merokok dan jangan konsumsi alkohol. Istirahat cukup.  dan segera periksakan diri secara langsung ke dokter.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai kanker payudara

    semoga bermanfaat. terimakasih

    dr.danny