Tanya Dokter

  • benjolan di leher

  •  yuli meta
    Anggota

    sore dok, pada leher sebelah kiri depan saya ada benjolan. benjolan ini sudah ada setahun yang lalu dan sudah saya periksakan ke dokter. hasilnya: T3 = 1,95 ; T4 = 7,18 ; TSH = 1,51 . Dan hasil BIOPSI : KLINIS : struma nodosa non toksik MAKROSKOPIK : Benjolan di leher kiri ukuran diameter 3 cm, sejak 4 bulan yang lalu, nyeri (-) , ikut menelan. FNAB : Cairan keputihan: dipulas papanicolou dan giemsa. MIKROSKOPIK : Sediaan sitologi aspirasi benjolan mengandung sel-sel epitel yang berkelompok dan bercak-bercak kolid dan sel-sel hemosiderofag. Tidak ditemukan tanda ganas yang jelas. KESIMPULAN : Gambaran sitologik sediaan ini sesuai dengan struma adenomatosa.

    Dan sekarang benjolan dilehar saya sudah semakin membesar  kira-kira 80 % dari ukuran awal. Apakah ini berbahaya dan apa nama penyakit ini dok ?

    terimakasih..

    Hai Penyakit yang Anda alami adalah akibat dari pembesaran kelenjar tiroid (gondok) atau disebut dengan struma. Dari hasil laboratorium menunjukan pembesaran tiroid Anda tidak disertai kekurangan atau kelebihan dari hormon tiroid. Dan juga dari hasil patologi anatomi, menunjukan struma nodosa (adenomatosa) yang dapat disebabkan salah satunya kekurangan iodium terutama pada penduduk di pegunungan. Tidak ditemukan adanya tanda-tanda keganasan/kanker menunjukan bahwa kemungkinan benjolan tiroid tersebut jinak dan umumnya tidak berbahaya. Bila kadar hormon tiroid normal biasanya penanganan ditujukan pada benjolan tiroid tersebut. Pada benjolan yang kecil dan tidak menimbulkan gejala, umumnya tidak dibutuhkan penanganan apapun. Indikasi dilakukannya tindakan, antara lain:

    • Benjolan yang terus membesar
    • Penekanan pada saluran napas, tenggorok atau organ sekitar tiroid
    • Kosmetik.
    Tindakan yang dapat dilakukan antara lain:
    • Terapi iodine radioaktif dengan cara menghancurkan sel-sel tiroid
    • Pada benjolan yang besar diperlukan tindakan operasi dengan pengangkatan sebagian atau seluruh kelenjar tiroid.
    Informasi mengenai penyakit kelenjar tiroid dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Penyakit tiroid (gondok). Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william