Tanya Dokter

  • Benjolan di leher belakang yang muncul ketika menunduk/menengok

  •  Unknownnnnn
    Anggota
    Dok saya mau tanya.saya memiliki benjolan di bagian kanan bawah kepala leher belakang(dekat pertengahan leher) namun benjolan itu ada ketika saya menundukkan kepala atau menengok ke kiri.sifat benjolan nya keras,mungkin besarnya sekitar 0,3-0,5 ,tidak dapat digerakkan,dan tidak merasa sakit. Dan jika diraba itu seperti urat atau otot. Benar atau tidak kalau itu adalah urat atau otot?

    Hai Unknownnnnn,

    Benjolan di leher seperti yang Anda alami penyebabnya dapat beragam, sehingga untuk dapat memastikan penyebabnya tentunya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Adapun urat/tendon dan otot leher tidak menyebabkan timbulnya benjolan, sekalipun leher digerakkan pada posisi tertentu. Benjolan di leher bagian belakang pada dasarnya dapat diakibatkan oleh beberapa kemungkinan penyebab seperti:


    Untuk dapat memastikan penyebabnya sebaiknya Anda menemui dokter agar benjolan yang timbul dapat diperiksa secara langsung/tatap muka. Selain pemeriksaan fisik dengan pengamatan langsung dan perabaan, dokter dapat pula menganjurkan tes penunjang seperti tes darah, CT Scan atau biopsi jika diperlukan untuk menelusuri penyebabnya lebih jauh. Dengan demikian maka penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Berikut ini anjuran bagi Anda:

    • Menjaga kebersihan kulit sekitar leher
    • Hindari memencet atau mengurut benjolan yang timbul
    • Jika timbul rasa nyeri dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen
    • Istirahat yang cukup dan konsumsi makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh


    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Penyebab timbulnya benjolan di leher

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman