Tanya Dokter

  • Apakah benjolan di leher pasti karena kelenjar getah bening?

  •  Nanaa
    Anggota

    Slmt malam dok, saya nana umur saya 19th. Saya ingin bertanya apakah adanya benjolan pada leher sdh pasti krna klnjr getah bening ? Sblm adanya bnjolan trsebut saya mngalami radang, flu dan jga demam. Beberapa hari kmdian baru merasakan adanya bnjolan tsb dan rasanya sakit apabila di pegang. Apakah itu berbahaya ? Trimakasih

    Hai, Pembengkakan kelenjar getah bening memang merupakan salah satu penyebab adanya benjolan di leher. Penyebab dari pembengkakan kelenjar getah bening ada banyak, dari mulai infeksi ringan hingga kanker pada kelenjar getah bening. Infeksi yang menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening biasanya berasal dari infeksi organ lokal di sekitar kelenjar getah bening. Kelenjar yang membengkak tersebut akan terasa lunak dan tidak sakit. Contoh umum infeksi tersebut diantaranya infeksi pada telinga, pilek, radang tenggorokan, radang pita suara, radang amandel, infeksi gigi, dan lainnya. Selengkapnya dapat Anda lihat disini : http://www.alodokter.com/pembengkakan-kelenjar-getah-bening Namun banyak penyebab lain selain pembengkakan kelenjar getah bening yang dapat menyebabkan benjolan di leher. Untuk menentukan apakah yang menyebabkan benjolan tersebut, makan diperlukan adanya konsultasi dan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter. Selain itu dokter juga mungkin akan menyarankan untuk dilakukannya beberapa pemeriksaan penunjang, seperti lab darah, CT scan, dan pengambilan sampel jaringan dari benjolan tersebut. Berikut merupakan beberapa penyebab terjadinya benjolan pada leher :

    1. pembengkakan dari kelenjar getah bening
    2. pembengkakan kelenjar saliva karena radang (parotitis), contohnya mumps / gondongan
    3. pembengkakan kelenjar thyroid / gondok. Untuk selengkapnya dapat Anda lihat di :  http://www.alodokter.com/penyakit-gondok
    4. kanker nasofaring
    5. lipoma, atau benjolan jinak dari jaringan lemak
    6. squamous cell carcinoma
    7. dan lainnya
    Sebaiknya segera periksakan diri Anda secara langsung ke dokter untuk mengetahui penyebab benjolan pada leher Anda. Karena pengobatan yang diberikan akan berbeda tergantung dengan penyebabnya.   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.

    Nanaa  Nanaa
    Anggota

    Terimakasih dok atas jawabannya, ada yg ingin saya tnyakan lg dok smlm badan saya menggigil smpai kuku saya berubah mnjadi biru dan jari kelingking(tangan) kesemutan apa itu ada hubungan nya dengan bnjolan tsb ? Dan apakah berbahaya ?

    Hai, Menggigil umumnya timbul karena adanya perbedaan suhu yang besar antara suhu tubuh Anda yang lebih hangat dengan suhu udara lingkungan yang lebih dingin. Contohnya pada saat Anda demam. Menggigil terjadi karena adanya kontraksi dan relaksasi otot secara sangat cepat. Kondisi ini menyebabkan peningkatan aliran darah / konsumsi energi yang dibutuhkan oleh otot. Sehingga kadangkala kondisi ini disertai dengan adanya kebiruan pada jari dan juga kesemutan. Namun, jika gejala ini terjadi berulang dan disertai dengan gejala lain seperti penurunan / hilangnya kesadaran atau keringan dingin berlebih, maka sebaiknya segera periksakan ecara langsung kondisi Anda ke dokter. Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.