Tanya Dokter

  • Benjolan di leher kanan dan terasa sakit ketika ditekan

  • Selamat sore dok, Saya mau tanya ibu saya punya benjolan di leher sebelah kanan. Dulu sudah pernah d operasi, tp akhir2 ini muncul lagi masih kecil, dan kalo ditekan sakit. Itu kira2 kenapa dok ya? Cara menghilangkannya bagaimana? Terima kasih sebelumnya. Selamat sore.

    Halo Sayyida.....

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang dialami oleh ibu Anda dengan keluhan utama berupa munculnya benjolan di sekitar leher, paling sering disebabkan oleh karena pembengkakan kelenjar getah bening, di mana kelenjar getah bening sendiri merupakan salah satu sistem daya tahan tubuh pada manusia.

    Pembengkakan kelenjar getah bening dapat dipicu oleh karena tubuh sedang mengalami suatu infeksi atau penyakit tertentu, dimana jika pembengkakan kelenjar getah bening terdapatnya di leher, maka umumnya disebabkan oleh : peradangan pada tenggorokan, infeksi telinga, Peradangan pada Amandel, infeksi pada kulit di sekitar kelenjar getah bening, tuberkulosis atau TBC, dan lain sebagainya.

    Jika memang suatu pembengkakan kelenjar getah bening, maka benjolan ini umumnya akan mengempis dengan sendirinya jika tubuh sudah dalam kondisi fit atau bugar. 

    Selain karena pembengkakan kelenjar getah bening, kondisinya ibu anda alami juga dapat disebabkan oleh : abses === kumpulan nanah didalam kulit, lipoma === sel - sel lemak yang tumbuh secara berlebihan, kista === kantong yang berisi cairan di dalam kulit, jerawat, batu yang menyumbat saluran kelenjar ludah.

    Kami menyarankan kepada ibu ANda untuk segera menemui dokter spesialis penyakit dalam, dan mendiskusikan masalah ini, agar ibu Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lagi, apabila benjolan tidak kunjung mengempis sampai dengan satu bulan ke depan. Sehingga ibu Anda akhirnya dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    PEMBENGKAKAN KELENJAR GETAH BENING

    Salam,

    @dr.jati