Tanya Dokter

  • Benjolan di leher sebelah kanan pada penderita penyakit paru-paru

  • Dok, saya mau tanya nih adik saya kena sakit paru2, terus sedang berobat jalan dalam waktu 6 bulan tapi setelah 2 bulan ada benjolan di leher sebelah kanan rasanya itu pegal dan membengkak. Terus disarankan untuk disedot, setelah disedot bejolan itu tumbuh lagi. Dan disarankan untuk operasi. Maaf dok apa itu sejenis tbc atau kelenjar getah bening ?

    Terima kasih Tri Yasmi Andini atas pertanyaannya. Pengobatan paru-paru yang sampai 6 bulan yang Anda maksud mungkin adalah TBC. Pengobatan TBC memang harus rutin minimal 6 bulan dan selama pengobatan tersebut Anda akan diminta beberapa kali kontrol untuk dilihat efektivitas obatnya. Mengenai benjolan yang muncul di leher, sebaiknya benjolan tersebut diperiksakan ke dokter khususnya dokter spesialis bedah. Benjolan tersebut dapat berupa: - Pembesaran kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening akan membesar jika seseorang mengalami peradangan / infeksi. - TBC kelenjar. TBC dapat mengenai berbagai organ, tidak hanya paru-paru - Kista. Jika dilihat dari keterangan Anda bahwa benjolan tersebut disedot, maka kemungkinannya adalah kista. - dan lain-lain Karena itu, agar lebih pasti, Anda dapat menanyakan hal tersebut pada dokter Anda. Mendiagnosis benjolan harus dilakukan dengan pemeriksaan langsung dan juga terkadang dengan biopsi. Anda juga dapat membaca artikel terkait: Benjolan di leher Demikian jawaban dari saya, semoga membantu dr. Andika Surya

    malam dok, maaf mengganggu waktu nya sebentar, kan yg punya penyakit asam lambung tidak boleh makan makanan yg mengandung santan, pertanyaan nya kalo minum air kelapa dan kelapa nya sih boleh tidak ??? , makasih udh mau jawab .