Tanya Dokter

  • Benjolan di leher kanan dan nyeri

  •  Anita Rizki
    Anggota
    Assalamualaikum dokter. . Saya mau tanya, sekitar 2 mnggu ini saya mengalami benjolan di leher sebelah kanan dan ada rasa nyeri yg lumayan jika ditekan atau tertekan. Jika saya memanjangkan leher benjolan tsb tdk teraba, tp saat saya mendempetkan dagu dg leher benjolan tsb mumcul dan sebesar jempol tangan. Saya sdg tdk mngalami skit apa2 dok, krna biasanya saat sy sdg flu, batuk, skit gigi benjolan muncul dan tdk lama kemudian menghilang dg sendirinya. Mhon penjelasannya dokter trmksh.

    Halo Anita, terima kasih atas pertanyaannya. Leher terdiri dari berbagai organ dan kelenjar. Benjolan yang muncul pada leher biasanya disebabkan oleh gangguan pada kelenjar serta organ di daerah tersebut. Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya :

    Pembengkakan kelenjar getah bening juga merupakan hal yang paling sering menyebabkan adanya benjolan di leher. Biasanya pembengkakan tersebut akan menyebabkan timbulnya benjolan pada leher. Pembengkakan kelenjar getah bening paling sering disebabkan adanya infeksi di dalam tubuh, bisa berupa infeksi telinga, tenggorokkan, gigi atau hidung. Benjolan yang muncul tidak disertai adanya infeksi yang terjadi patut dicurigai adanya infeksi kronis (misal, tuberkulosis)

    Namun pembengkakan yang terjadi di leher sebaiknya segera diperiksakan ke dokter terdekat. Hindari penggunaan obat tanpa anjuran dokter. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan darah atau rontgen hingga biopsi benjolan apabila dibutuhkan.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa