Tanya Dokter

  • Benjolan di pangkal paha

  •  Chairul Aziz
    Anggota
    Selamat sore dok, Saya mengalami gejala munculnya benjolan di pangkal paha kira-kira sudah 4 hari dan di hari ke 2 muncul benjolan lagi di bawahnya, benjolan terasa agak sakit bila di tekan, Keras dan tidak bisa di geser, Gejala apakah ini dan bagaimana solusinya?

    Chairul yang baik,

    benjolan di daerah paha dapat mengindikasikan masalah yang cukup serius. Pada daerah paha terdapat kelenjar getah bening seperti halnya pada ketiak maupun pada leher. Kelenjar getah bening ini berfungsi sebagai benteng pertahanan tubuh. Ketika tubuh mengalami abnormalitas, kelenjar ini akan membantu memproduksi komponen sel darah putih untuk menormalisasi keadaan. Abnormalitas yang terjadi bisa berupa infeksi baik oleh virus, bakteri, maupun parasit, atau bisa juga tumor maupun keganasan. Oleh karenaya pada kondisi tersebut kelenjar getah bening akan membesar dan tampak sebagai benjolan. Selain kelenjar getah bening yang membesar, benjolan juga bisa disebabkan oleh adanya herniasi atau turunnya isi perut ke bagian paha yang disebabkan oleh lemahnya dinding perut. Selain itu gigitan serangga juga dapat menimbulkan benjolan pada paha. Aliran darah yang tidak lancar pada pembuluh darah juga dapat menyebabkan gambaran menggelembung di pangkal paha.

    Dengan demikian tentunya sulit hanya berdasarkan deskripsi saja untuk menentukan benjolan apa yang sebenarnya terdapat pada pangkal paha Anda. Perlu dilakukan pemeriksaan seksama secara fisik maupun penunjang untuk dapat mendiagnosis secara akurat benjolan tersebut. Oleh karenanya kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Sebagian penyebab benjolan dapat diobati dengan obat minum, namun beberapa jenis yang lain mungkin memerlukan tindakan seperti operasi sebagai penanganannya. Berikut kami lampirkan artikel mengenai benjolan di pangkal paha. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief