Tanya Dokter

  • Benjolan di daerah pantat dan bukan di dubur

  •  ipras
    Anggota

    Saya ada keluhan dok. Saya laki-laki umur 28 tahun sudah menikah dan mempunyai seorang anak. Beberapa bulan lalu muncul benjolan kecil di ujung tulang ekor saya. Posisinya hampir persis di atas belahan pantat tepat hampir di tengah. Benjolannya lonjong dan keras. Mungkin berbentuk seperti telur puyuh hanya agak lebih lonjong. Awalnya kecil sekarang mungkin berukuran sepertiga lebih ukuran telur puyuh. Keras dan tidak sakit saat di pegang. Saya tidak mengalami keluhan kesakitan selain mengganggu apabila saya tidur langsung di lantai (seperti ada yang mengganjal). Menurut dokter itu apa?

    Saat saya membuat pertanyaan ini posisi duduk saya di lantai di depan PC, lalu saya agak sedikit bergerak kemudian saya sadar ada yang aneh dengan pantat kanan saya. Setelah di raba saya merasakan benjolan kedua. Karakternya mirip benjolan pertama hanya ini lebih besar, sebesar satu setengah atau dua telur puyuh namun berbentuk seperti telur di belah dua. Kalau yang pertama tepat di atas belahan pantat saya, Ini yang kedua disisi sebelah kanan dari belahan pantat saya yg bagian atas. Mohon penjelasan dan solusinya dok. Makasih..

    ipras  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hi Benjolan itu bisa disebabkan oleh hal-hal berikut:

    • kista pylonidal
    • bisul
    • folikulitis atau peradangan akar rambut dan lain-lain
    Periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab sebenarnya dan mendapatkan pengobatan yang benar. Dokter mungkin akan memberikan antibiotik atau menganjurkan prosedur penyedotan jika ternyata benjolan adalah akibat kumpulan cairan. Dr Liyadi

    ipras  Annas Schumeru
    Anggota

    Saya juga mengalami keluhan yg mirip. Jd sebaikny ke poli apakah untuk memeriksakanny?

    ipras  Salma Albaraqah
    Anggota

    Dok, di bagian pantat saya selalu ada benjolan benjolan kecil tetapi banyak. Dan juga garis garis seperti urat itu dok. Itu nama penyakitnya apa ya dok? Atau sebaiknya melakukan apa dok?

    Pagi dok,saya mau tanya. Pantat saya juga ada benjolan di dekat dubur tepatnya sebelah kanan dubur benjolan akan keras sehabis bab/batuk-batuk yang berlebihan. Benjolan tsb sebesar telut ayam kampung dok. Seminggu baru mulai kempes dok tapi kl bab lg akan mulai keras lagi dok dan dubur mengeluarkan cairan/lembab dok. Jika untuk duduk sulit,di sekitar benjolan tsb jg terasa memar njarem dok. Obat untuk menyembuhkan sakit saya itu apa? Terimakasih semoga dibalas karna penting buat kesehatan saya