Tanya Dokter

  • Benjolan di payudara dan baru terasa jika diraba

  •  Nurulp
    Anggota
    Sore dok. Saya berumur 20tahun. Saya melakukan sadari pada kedua payudara saya. Ada benjolan di payudara kanan. 3 jari diatas puting dan dekat dengan ketiak. Ketika di palpasi benjolan keras dan berbentuk bulat. Ketika saya mempalpasi payudara kiri tidak ada benjolan. Benjolan bila hanya diinspeksi tidak terlihat tetapi jika dipalpasi sangat teraba. Tidak sakit saat dipalpasi. Tidak ada keluhan nyeri apaapun. Itu normal atau tidak ya dok ? Lalu apa yg harus saya lakukan ? Terima kasih

    Halo Nurulp.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Pada dasarnya, terdapatnya benjolan pada payudara tidaklah normal. Kondisi yang Anda alami kemungkinan mengarah ke yang dalam bahasa medis disebut sebagai fibroadenoma.

    Fibroadenoma sendiri merupakan benjolan padat yang terjadi oleh karena kelebihan pembentukan kelenjar penghasil susu atau lobulus dan jaringan di sekitar payudara.

    Benjolan Fibroadenoma umumnya tidak terasa sakit, dan jika ditekan akan bergeser. Benjolan ini biasanya dialami wanita yang berusia sekitar 20 tahun sampai dengan 30 tahun. Sampai saat ini penyebab pasti Fibroadenoma belum diketahui, akan tetapi para ahli berpendapat bahwa hal ini terkait dengan hormon kesuburan.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan di atas, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh : kista === kantong yang berisi cairan didalam payudara, perubahan fibrokistik === terkait ketidakstabilan hormon selama siklus menstruasi, infeksi bakteri, abses === kumpulan nanah di dalam payudara, kanker payudara.

    Untuk mengetahui penyebab pasti yang menimbulkan benjolan ini, maka yang Anda harus lakukan saat ini adalah dengan mengunjungi dokter spesialis bedah umum terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkin akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami diantaranya meliputi pemeriksaan fisik dan USG khusus payudara, sehingga segala sesuatu nya terang dan jelas, dan penanganan tepat akhirnya dapat diberikan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    BENJOLAN PADA PAYUDARA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati