Tanya Dokter

  • Mengatasi benjolan pada payudara selain dengan operasi

  • dear Dokter,

    maaf tanya lagi..

    12 tahun lalu saya operasi yg ke 3 benjolan di payudara seminggu yg lalu saya medical check up ditemukan ada lagi benjolan

    adakah solusi lain dok.. selain dari operasi?

    dan apakah menggunakan obat herbal bisa menghilangkan ini?

     

    cheers

    Erta

    ertawati gultom  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Ertawati,

    Benjolan pada payudara bisa disebabkan karena berbagai macam faktor. Resiko terjadinya benjolan pada payudara akan lebih besar pada wanita yang pernah mengalami benjolan pada payudara sebelumnya. Beberapa kemungkinan benjolan pada payudara yaitu:

    Apakah dari medical checkup sudah dilakukan USG atau mammografi terhadap benjolan? Untuk memastikan penyebab benjolan dibutuhkan wawancara dokter, pemeriksaan fisik, dan penunjang misalnya dengan USG, mammografi, dan bila perlu dilakukan biopsi serta CT scan. Apabila penyebab benjolan sudah dipastikan, barulah bisa diputuskan penanganan yang terbaik bagi Anda.

    Sejauh ini pengobatan herbal belum terbukti bisa menyembuhkan benjolan apapun di tubuh, termasuk benjolan pada payudara. Oleh sebab itu saya sarankan supaya Anda memeriksakan diri ke dokter bedah secara langsung agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya dan agar Anda bisa diberikan penanganan yang tepat. Beberapa penanganan benjolan bisa dengan operasi, radiasi, kemoterapi, dan terapi hormonal bila benjolan dipengaruhi oleh hormon. Jenis penanganan akan disesuaikan dengan kondisi ANda ya.

    Sementara itu sebaiknya ANdatidak memanipulasi / memencet benjolan, gunakan bra yang nyaman dan tidak ketat, biasakan pola hidup sehat, dan jangan lupa lakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan setelah menstruasi. Apabila terdapat perubahan ukuran benjolan atau perubahan payudara, segera ke dokter bedah ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Benjolan pada payudara

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y