Tanya Dokter

  • Benjolan di payudara

  •  Shenovita
    Anggota
    Pagi dokter, saya ingin bertanya. Saya ada benjolan payudara di sebelah kanan. Saya sudah memeriksakan diri ke dokter dan dokter bilang ini semacam tumor jinak. Dan dokter menyarankan saya untuk operasi namun saya masih memikirkannya. Lalu sudah sebulan yang lalu setelah saya cek ke dokter saya merasakan nyeri dipayudara saya. Ini kenapa ya dok?
    Shenovita  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Shenovita,

     

    Adanya benjolan pada payudara merupakan salah satu dari keluhan yang paling banyak ditemukan pada wanita. Beberapa penyebab dari munculnya benjolan pada payudara wanita diantaranya FAM (Fibroadenoma mammae), mastitis (peradangan pada payudara), adanya kista pada payudara, abses payudara, fibrokistik pada payudara, atau kanker payudara.

     

    Umumnya adanya benjolan yang bersifat jinak tidak menimbulkan rasa nyeri pada payudara. Rasa nyeri pada payudara disebabkan karena adanya peradangan pada jaringan payudara yang dapat diakibatkan karena adanya infeksi atau tumor yang bersifat ganas. 


    Sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis bedah tempat anda melakukan pemeriksaan sebelumnya untuk mengetahui penyebab dari nyeri pada payudara melalui pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan USG pada payudara atau mammografi sehingga dapat diketahui apakah nyeri berkaitan dengan benjolan yang dialami atau disebabkan karena hal lain.

     

    Selain itu, anda juga diharapkan untuk menghindari kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol. Untuk meredakan rasa nyeri untuk sementara waktu anda dapat mengkonsumsi obat paracetamol. Makan makanan yang bergizi seimbang dan sehat serta melakukan olahraga dengan rutin. Anda juga disarankan untuk menghindari menggunakan bra yang terlalu sempit namun gunakanlah bra sesuai dengan ukuran pada payudara sehingga dapat terasa nyaman dan nyeri dapat berkurang.

     

    Berikut artikel tentang benjolan pada payudara yang dapat anda simak.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.


    Salam,

     

    dr. Irvandi