Tanya Dokter

  • Penyebab benjolan di payudara

  •  Shenovita
    Anggota
    Siang dokter, sebulan yg lalu saya cek ke dokter dan USG di temukan adanya benjolan di payudara saya tetapi menurut dokter yg menangani saya harus di operasi tetapi saya belum siap karena harus berkonsultasi dengan keluarga, dan setelah USG saya tidak merasakan nyeri di payudara saya tetapi sudah beberapa hari ini saya baru merasakan kembali nyeri di payudara. Setelah USG bulan lalu baikna berapa bulan lagi saya harus USG untuk melihat apakah benjolan tersebut semakin kecil atau besar? Dan apakah harus tetap di operasi? Jika saya berusaha menggunakan alternatif atau herbal apakah baik untuk kesehatan saya? Mohon sarannya dok. Terima kasih.

    Hai,

    Benjolan di payudara bisa disebabkan oleh:

    • Fibroadenoma -- jenis tumor jinak yang paling sering ditemukan pada payudara
    • Kista payudara
    • Abses / proses pernanahan
    • Tumor jinak jaringan kulit, mis. lipoma
    • Kanker payudara

    Tergantung dari gambaran yang diperoleh dari USG, Dokter dapat menganjurkan apakah benjolan tersebut sebaiknya dipantau saja atau sebaiknya dioperasi, misalnya dari gambarannya lebih mencurigakan ganas daripada jinak. Pemantauan berkala umumnya dianjurkan setiap 3-6 bulan sekali. Dengan dilakukannya operasi, proses biopsi bisa sekaligus dikerjakan, yang mana adalah penting untuk menetapkan diagnosis suatu benjolan adalah ganas atau tidak, sekaligus menyingkirkan benjolan. Sampai saat ini, pengobatan benjolan adalah melalui operasi; belum ada bukti ilmiah yang mendukung pengobatan benjolan dengan obat minum/oles/herbal.

    Sementara waktu, Anda sebaiknya jangan terlalu sering meraba / memegang benjolan karena dikhawatirkan dapat membuatnya semakin besar. Lakukan SADARI setiap bulan sebagai bentuk kewaspadaan terhadap kanker payudara.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma