Tanya Dokter

  • Benjolan di payudara sebelah kanan

  • Selamat malam dok Gini dok ibu saya berumur 51th. Di payudarah sebelah kanan ibu saya ada benjolannya. Kalau berdiri benjolan tersebut berada di payudarahnya,namun saat tidur benjolan tersebut berada dibawah payudarahnya.Yang ibu saya rasakan nyeri tapi tidak setiap hari. Benjolan tersebut keras. Dan keadaan payudarah yg sebelah kanan tersebut tidak ada luka. Itu apa ya dok?

    Hai Fian,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Benjolan yang muncul di payudara memang bisa memicu kekhawatiran tersendiri. Karenanya, untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter, supaya bisa diidentifikasi bagaimana karakteristik benjolan beserta keluhan yang menyertainya.

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab benjolan di payudara:

    • Perubahan hormonal, misalnya saat menjelang menstruasi (jika ibu Anda belum menopause)
    • Infeksi, misalnya bisul, Herpes zoster, kutil, impetigo
    • Abses payudara (kumpulan nanah di bawah kulit)
    • Tumor kulit, misalnya lipoma, fibroma, sarkoma
    • Tumor payudara, misalnya FAM, kista, kanker, dan sebagainya

    Pada kebanyakan kasus, selain pemeriksaan fisik, dokter pun perlu melakukan serangkaian pemeriksaan penunjang, seperti laboratorium, rontgen, biopsi, atau mammografi guna memastikan asam muasal benjolannya. Maka dari itu, sebaiknya Anda ajak ibu Anda memeriksakannya ke dokter ya.. Benjolan akibat perubahan hormonal lebih sering mengenai wanita berusia subur, jarang terjadi di atas 45 tahun. Jadi, kemungkinan benjolan yang ibu Anda alami terjadi karena sebab lain.

    Sebagai langkah awal, ajari ibu Anda untuk tidak memanipulasi berlebihan benjolan yang muncul, entah dengan tidak memencet, mengurut, atau mengoleskan obat apapun ke benjolan. Tidak lupa, selalu jaga kebersihan diri dengan mandi teratur dan menggunakan bra yang bersih. Terakhir, lakukan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) secara teratur.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah