Tanya Dokter

  • Benjolan lipoma di pipi

  • Dok saya punya benjolan dipipi. setelah satu tahun kebelakang saya periksa kedokter katanya penyakit LIPOMA dan dokter menyarankan untuk dioprasi, alhasil saya operasi kecil namun hanya kempes beberapa minggu saja. dan sampe skrg masih terdapat benjolannya.

    Pertanyaannya : Adakah referensi lain selain dioperasi ? baik dengan obat herbal atau gmna dok ? makasih dok ditunggu pencerahannya :)

    r'Hury Kantata Takwa  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Jika memang benjolan yang ada saat itu adalah lipoma, maka secara umum terapi terbaik adalah pembedahan / pengangkatan lipoma yang disebut dengan ekstirpasi lipoma. Untuk lipoma, tidak ada pengobatan secara minum atau dengan oles. Hal ini karena pada dasarnya lipoma merupakan suatu tumor jinak dari jaringan lemak dan terapi utamanya adalah dengan pengangkatantumor beserta kapsulnya. Umumnya pembedahan memberikan hasil yang baik dan tidak muncul kembali sepanjang pengangkatan dilakukan dengan baik / terambil seluruhnya dan kapsul/selubungya ikut terangkat. Karena jika tidak, terdapat kemungkinan perasaan masih tersisa benjolan atau kambuh kembali setelah beberapa waktu karena masih ada jaringa ntumor yang tertinggal. Sebaiknya anda kontrol kembali ke dokter yang menangani / mengoperasi untuk berkonsultasi lebih jauh mengenai hal ini. lipoma demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.