Tanya Dokter

  • benjolan di sekitar vagina

  •  Annisaa
    Anggota

    selamat malam dok, saya mau tanya. Disekitar vagina saya terdapat benjolan seperti bisul tetapi tidak ada matanya, tetapi seperti ada isinya. jika ditekan terasa sakit. jika dibasuk terasa agak perih. apakah ini berbahaya? Terimakasih.

    Hai, Keluhan benjolan di vagina yang Anda alami kemungkinan merupakan Bartholinitis, yaitu sumbatan dan peradangan pada kelenjar Bartholin. Kelenjar ini menghasilkan lendir untuk lubrikasi/pelumasan vagina, terutama saat wanita terangsang secara seksual. Pada kondisi tertentu dapat terjadi sumbatan pada kelenjar Bartholin (membentuk kista Bartholin), dan bila disertai dengan infeksi disebut sebagai Bartholinitis. Gejalanya meliputi:

    • Muncul benjolan/bengkak di pintu vagina
    • Nyeri pada benjolan
    • Dapat disertai pengeluaran sedikit cairan
    • Kadang disertai demam
    Penanganan Bartholinitis meliputi pemberian antibiotika yang sesuai, obat pereda nyeri, dan tindakan insisi kecil untuk mengeluarkan cairan yang tersumbat. Namun demikian, benjolan di vagina dapat pula diakibatkan oleh penyebab lainnya seperti: Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya Anda memeriksakan diri ke Dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menilai benjolan yang timbul (lokasi, bentuk, ukuran, konsistensi, dll). Penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Beberapa anjuran yang dapat dilakukan: Baca laman diskusi berikut ini: Diskusi benjolan vagina Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman